Puskesmas Pengalihan Enok Gelar Inpeksi Higiene sanitasi sekolah dan kantin sekolah.

Puskesmas Pengalihan Enok Gelar Inpeksi Higiene sanitasi sekolah dan kantin sekolah.

SERIBUPARITNEWS.COM,Enok  - Kesehatan lingkungan terutama di area sekolah sangat penting. Hal ini dikarenakan anak-anak banyak menghabiskan waktu di sekolah. Oleh karena itu kesehatannya harus dijamin selalu terjaga.

Terkait hal itu, Pusat Kesehatan Masyarakat  Pengalihan Enok, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir  melaksanakan inspeksi higiene sanitasi sekolah dan kantin sekolah.

Kegiatan inspeksi higiene sanitasi sekolah dan kantin sekolah ini dilakukan di 28 sekolah di wilayah kerja Puskesmas Pengalihan Enok.

"Terkait inspeksi higiene sanitasi sekolah dan kantin sekolah ini kita lakukan di 28 sekolah di wilayah kerja Puskesmas Pengalihan Enok, mulai dari sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dan pengamatan secara langsung terhadap media lingkungan sekolah dalam rangka pengawasan berdasarkan standar dan baku mutu yang berlaku untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekolah yang sehat", Ujarnya.

Lanjutnya, dan jika kita bicara kesehatan lingkungan sekolah, maka kantin menjadi salah satu ruang lingkup sangat penting, Salah satu fungsi dari kantin adalah sebagai tempat memasak atau membuat makanan dan selanjutnya dihidangkan kepada konsumen, maka kantin dapat menjadi tempat menyebarnya segala penyakit yang medianya melalui makanan dan minuman. Dengan demikian makanan dan minuman yang dijual di kantin berpotensi menyebabkan penyakit bawaan makanan bila tidak dikelola dan ditangani dengan baik". Ujar Drg. Intan

Drg. Intan menyebut dari 28 sekolah yang sudah dilakukan inspeksi sanitasi sekolah dan kantin sekolah, masalah yang dominan ditemui pada bagian WC dan pembuangan sampah.

"Dari pemeriksaan-pemeriksaan ini, kebanyakan masalahnya itu di WC dan tempat pembuangan sampah yang tidak tertutup," jelasnya.

"Dan kami petugas sudah memberikan himbauan kepada pihak sekolah untuk memperbaiki hal-hal yang kurang dalam sanitasi sekolah," lanjutnya.

Drg. Intan menyebut pihaknya juga sudah menyarankan sanitasi kepada pengelola kantin sekolah demi meningkatkan mutu dan kebersihan makanan murid.

"Termasuk kantin sekolah, kami berikan imbauan kepada penjaga kantin untuk selalu menjaga kebersihan, minimal 6 bulan sekali melakukan pengecekan ke Puskesmas dan makanannya harus tertutup serta arahan untuk tidak menjual beberapa makanan yang disarankan tidak di jual," pungkasnya.

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index