Pemprov Riau Bantu Anggaran Pembeliaan Kendaraan Operasional Desa

Pemprov Riau Bantu Anggaran Pembeliaan Kendaraan Operasional Desa
Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto

Pekanbaru - Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau, tahun ini memberikan anggaran untuk pembelian kendaraan operasional kepada desa-desa yang ada di Riau. Total anggaran yang diberikan untuk setiap desa berjumlah Rp.45 juta untuk pembelian dua unit sepeda motor.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengatakan, bantuan dana untuk pembelian kendaraan operasional tersebut bersumber dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) APBD Riau 2024. Dimana pengadaan kendaraan tersebut, langsung dilakukan oleh masing-masing pemerintah desa.

“Tahun ini Pemprov Riau memberikan anggaran untuk pembelian kendaraan operasional bagi desa. Total anggarannya Rp.45 juta per desa,” katanya. Rabu 1 Mei 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, nantinya anggaran yang diberikan tersebut dapat dibelikan untuk dua unit kendaraan berupa sepeda motor. Satu diperuntukkan bagi kepala desa dan satu unit lagi untuk Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

“Jadi sepeda motornya nanti ada dua, satu untuk kepala desa dan satu untuk BPD. Mereka yang akan membeli sendiri sendiri kendaraannya, tidak difasilitasi oleh Pemprov maupun Pemkab,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (PMD-Dukcapil) Riau, Djoko Edy Imhar mengatakan, selain bantuan anggaran pembelian kendaraan operasional tersebut, tahun ini Pemprov Riau mengalokasikan anggaran sebesar Rp.318.199.529.000 untuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa. Bantuan tersebut disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Indeks Desa Membangun (IDM).

Namun, bantuan yang diberikan disesuaikan dengan klasifikasi BUMDes. Dengan demikian, maka besaran bantuan yang diberikan jumlahnya berbeda-beda.

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran untuk BKK desa sebesar Rp318 miliar lebih. Bantuan tersebut disalurkan melalui BUMDes dan besarannya berbeda-beda,” katanya.(Advetorial)


Rilis Mediacenter Riau
Editor Munazlen Nazir

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index