Peringati 10 Muharram,Pengurus PHBI Concong Gelar Tradisi Mangawah Bubur Asyura


Pengurus PHBI kecamatan Concong foto bersama saat sebelum memberikan bubur asyura kepada masyarakat 11

SERIBUPARITNEWS.COM,Concong - Memperingati 10 Muharram atau Yaumul Asyura, Pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Concong menggelar tradisi Mangawah Bubur Asyura, di halaman Masjid Besar Nurul Huda Kecamatan Concong.  Senin (8/8).

Kegiatan berlangsung sejak pagi hingga siang, sebanyak 25 kg beras yang diolah menjadi bubur asyura, disiapkan untuk Masyarakat kelurahan Concong Luar Kecamatan Concong.

Tampak Ibu-ibu pengurus PHBI begitu semangat mengaduk bubur asyura di kuali besar. 

Ketua PHBI kecamatan Concong Taufik Mengatakan, Umat Islam di kelurahan Concong Luar pada bulan Muharram selalu menggelar tradisi bubur asyura.

"Selain berpuasa, umat Islam juga biasanya merayakan dengan membuat makanan spesial yakni bubur asyura, ini juga merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh PHBI dan tahun ini sebanyak 25 kg beras yang akan diolah menjadi bubur asyura dengan Bahannya biasa terdiri dari aneka macam sayuran, kacang-kacangan, sampai daging udang dan ayam.". Ungkap taufik. 

Taufik juga mengatakan,  kegiatan memasak bubur asyura yang dilakukan bukan hanya untuk memperingati 10 muharam, tapi juga untuk mempererat ukhuwah islamiyah antar pengurus PHBI dan juga kepada Masyarakat kelurahan Concong Luar.

"Kegiatan memasak bubur asyura bertujuan bukan hanya memperingati 10 muharam,  tapi juga untuk menpererat ukhuwah islamiyah antar PHBI dan juga kepada masyarakat kelurahan Concong Luar". Ungkapnya. 

Usai memasak bubur asyura, Pengurus PHBI langsung membagikannya kepada masyarakat kelurahan Concong luar dengan mendatangi dari rumah ke rumah.


Penulis : Mulyadi 

Berita Lainnya

Index