24 Peserta Calon Penerima Bea Siswa BPDP-KS Anak Petani Sawit Tulen Audiensi dengan Disbun Inhil

24 Peserta Calon Penerima  Bea Siswa BPDP-KS Anak Petani Sawit Tulen Audiensi dengan Disbun Inhil

 


 

 

SERIBUPARITNEWS.COM, TEMBILAHAN - Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir yang diwakili oleh Sekretaris, Bapak Abdurrahman, S.Pi, MP menerima kedatangan rombongan calon penerima Program Beasiswa Pengembangan SDM Perkebunan dari BPDPKS. Calon Penerima beasiswa ini adalah siswa/siswi SMA/SMK anak Petani Kelapa Sawit yang baru lulus dan ingin meneruskan ke jenjang Perguruan Tinggi. 

Calon Penerima Beasiswa ini bisa memilihi ragam jurusan dari berbagai tingkatan mulai D1, D2, D3, D4 dan S1 dari 7 Perguruan Tinggi yang telah memenuhi kriteria sebagai Penyelenggara Program Pendidikan (Beasiswa) SDM Perkebunan Kelapa Sawit. Adapun 7 (tujuh)  Perguruan Tinggi tersebut adalah Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta,

Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta,Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Bekasi,Politeknik Kampar,Institut Teknologi Sawit Indonesia Medan,Institut Teknologi Sains Bandung,dan Institut Pertanian STIPER Yogayakarta.

Turut hadir bersama rombongan ini adalah  Bapak Teddy Susilo dari APKASINDO. Dalam seleksi ini APKASINDO Inhil membantu para peserta seleksi dalam mengikuti berbagai tahapan seleksi. Teddy menyampaikan bahwa persoalan ketersediaan laptop dan dukungan jaringan internet masih menjadi kendala. Oleh karena itu pada seleksi tahun ini, Teddy mengorganisir pelaksanaan ujian seleksi di Inhil dengan menyiapkan tempat khusus bagi peserta seleksi dengan bantuan teknisi untuk membantu anak-anak petani sawit dalam mengikuti ujian.

Untuk Kabupaten Indragiri Hilir, sebenarnya program beasiswa sudah ada sejak tahun 2017. “Tahun ini untuk jenjang D3 sudah ada 5 orang yang lulus yaitu dari Teknik informatika 2 orang, Teknik budidaya Tanaman Perkebunan 2 orang dan Manajemen Logistik 1 orang. Untuk jenjang D1 ada 4 orang dari Akademi Komunitasi Perkebunan – Yogyakarta” ujar Teddy.

Sekretaris Dinas Perkebunan menyambut baik dan mengapresiasi Program Beasiswa dari BPDPKS ini sekaligus mengucapkan terima kasih kepada APKASINDO yang telah memfasilitasi para peserta seleksi.  “Ini kesempatan untuk peningkatan SDM anak-anak petani. Karena salah satu yang bisa mengangkat derajat kita adalah pendidikan. Tapi tidak semua kita bisa sekolah karena terkait biaya. Jadi mari kita manfaatkan peluang beasiswa ini dengan baik” ujar Sekretaris Disbun.

Acara ditutup dengan serah terima berkas 24 peserta seleksi yang telah lulus sampai tahap wawancara dan menunggu verifikasi akhir. Berkas diserahkan Teddy Susilo kepada Sekretaris Dinas Perkebunan. Nantinya setelah dinyatakan lulus seleksi, penerima beasiswa dari BPDPKS ini akan mendapatkan bantuan beasiswa selama pendidikan diantaranya berupa uang saku per bulan, uang buku per semester dan lain-lain. 

 

Sumber : disbuninhilkab.go.id

Berita Lainnya

Index