Sambu Group Bantu Pemadaman Karhutla di Pulau Burung

Sambu Group Bantu Pemadaman Karhutla di Pulau Burung
Foto Team Sambu Group bersama team Polsek dan Koramil Pulau Burung berjibaku memadamkan api

Sambu Group -  Beberapa kali team Sambu Group membantu pemadaman kebakaran lahan milik warga masyarakat di kecamatan Pulau Burung pada bulan Maret 2024. Sambu Group mengerahkan sejumlah personil terlatih dan juga alat pemadam kebakaran, sehingga mempercepat proses pemadaman.

Bersama team Polsek dan Koramil Pulau Burung, terakhir team Sambu Group nampak berjibaku di tengah kobaran api yang akan melahap lahan masyarakat di Parit Sei Nipah, Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Burung. Bukan hanya memadamkan api saja, team Sambu Group juga memastikan api tidak menjalar dan melakukan dalam proses pendinginan pasca pemadaman.

“Kami sangat terbantu dengan team Sambu Group. Sehingga proses pemadaman bisa berjalan baik dan api tidak menjalar dan meluas ke tempat lain,”ujar Iptu Delni Atma Saputra, SH. MH., Kapolsek Pulau Burung. “Team Sambu Group bergerak cepat dan tanpa ragu ikut membantu memadamkan kebakaran di lahan masyarakat,”lanjut Iptu Delni Atma Saputra, SH. MH.

Saat ini meskipun belum puncak musim kemarau, namun Riau sudah ditetapkan status Siaga Karhutla lewat SK Gubernur pada 13 Maret 2024. Beberapa titik hotspot terpantau di Riau, termasuk juga di Pulau Burung, Indragiri Hilir. Beberapa minggu terakhir juga tidak turun hujan, sehingga cuaca cukup panas dan cepat memantik terjadinya Karhutla. 
“Dukungan dari masyarakat dan pihak swasta sangat kami butuhkan untuk pemadaman Karhutla. Perusahaan seperti Sambu Group cepat tanggap dengan langsung menurunkan team terlatihnya saat ada kebakaran, meskipun di lahan warga masyarakat. Kami sangat berterima kasih dengan kepedulian Sambu Group dalam bantuan penanganan Karhutla ini,”ucap Kapten ARH Uwin Suharto, Danramil Pulau Burung.

Foto : Team Sambu Group membantu proses pendinginan pasca pemadaman di Sei Nipah, 25 Maret 2024

“Komitmen Sambu Group dalam membantu memadamkan api saat Karhutla tidak perlu diragukan lagi. Kami selama ini menyaksikan bagaimana team Sambu Group terjun langsung mendatangi dan mengecek lokasi bila ada hot spot,”terang Supiansyah Spi. MSi, Camat Pulau Burung. “Mewakili warga masyarakat di Pulau Burung, kami sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan Sambu Group dalam penanganan Karhutla di lahan warga masyarakat,”tutur Supiansyah.

“Sambu Group juga berperan aktif dalam sosialisasi pencegahan Karhutla di Pulau Burung. Team Sambu Group melakukan edukasi langsung ke pekebun dan masyarakat, juga memasang baliho di lokasi strategis untuk meningkatkan kewaspadaan Karhutla,”jelas Supiansyah.

Memadamkan api Karhutla seperti di Pulau Burung memang tidak mudah. Karena selain merupakan lahan gambut, keterbatasan sumber air dan kekeringan menjadi tantangan tersendiri. Keterlibatan pihak swasta dan tambahan sumber daya, memang sangat membantu dalam penanganan Karhutla.

Semoga  Karhutla bisa dicegah dan ditangani bersama. Lewat kepedulian masyarakat dan keterlibatan aktif jajaran terkait dan pihak swasta menjadikan penanganan Karhutla berjalan baik di Pulau Burung. 
 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Lingkungan

Index

Berita Lainnya

Index