Riau vs Sumbar, Final Ideal Sepakbola Porwil XI Sumatera 2023

Riau vs Sumbar, Final Ideal Sepakbola Porwil XI Sumatera 2023
Tim sepakbola Riau di Porwil 2023 yang akan menantang Sumbar berebut medali emas.

SERIBUPARITNEWS.COM,PEKANBARU - Final ideal akan tersaji di sepakbola Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2023, Selasa 14 November 2023 siang di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai. Riau vs Sumbar akan berebut emas Porwil.

Disebut final ideal, karena dua tim ini merupakan juara di masing-masing group saat penyisihan. Riau juara group A dan Sumbar juara group B.

Dua tim ini juga merupakan tim yang selalu menang di seluruh laga Porwil. Belum pernah seri bahkan kalah.

Perjalanan Riau ke final yakni mengalahkan 5 - 0 Bengkulu, menekuk Jambi dan Lampung dengan skor 1 - 0 serta menyingkirkan Kepri 1 - 0 di semifinal.

Perjalanan Sumbar ke final yakni mengalahkan Kepri 3 - 2, menekuk Sumsel 3 - 1 dan menang 2 - 1 atas Babel. Kemudian menyingkirkan Lampung 1 - 0 di semifinal.

Inilah yang membuat Riau vs Sumbar di final sepakbola Porwil menjadi final ideal.

Permainan dilapangan tidak akan kalah sengit. Riau dan Sumbar menjadi tim paling produktif di ajang Porwil. Sumbar sudah mencetak 9 gol sedangkan Riau 8 gol.

Namun sejauh ini, Riau unggul soal lini pertahanan. Dari 4 laga, gawang Riau belum pernah kebobolan sama sekali. Sedangkan Sumbar sudah kebobolan 4 gol. Ini menunjukkan ada kerapuhan di lini belakang Sumbar.

Riau masih mengandalkan dua bersaudara untuk menbobol gawang Sumbar. Dua bersaudara tersebut yakni Enrico Delfiendra dan Endriyan Dwi Fahri.

Dua eks binaan PPLP Dispora Riau ini masing-masing sudah mengemas 2 gol selama Porwil ini. Enrico sebagai gelandang serang dan Endriyan sebagai ujung tombak.

Sedangkan di Sumbar, akan mengandalkan Feruzen Maulana. Ia sudah mencetak 4 gol selama di Porwil dan menjadi top skor sementara.

Pihak Riau sendiri sudah memantau pertandingan Sumbar. Begitu juga sebaliknya.

Pelatih Riau, Ambrizal mengatakan pihaknya siap menghadapi Sumbar di final. Para pemain sudah rehat setelah menekuk Kepri di laga terakhir.

"Para pemain sudah rehat. Semoga di final kondisi pemain fit," kata Ambrizal, Senin (13/11/2023).

Ia juga berharap pemain bisa bermain dengan tenang dan berani menguasai permainan. Tidak tertekan sehingga tidak bisa mengeluarkan seluruh kemampuan.

"Kita minta pemain jangan grogi. Harus tenang dan menikmati final nanti. Semangat dan kerja keras," pintanya.

Final nanti akan menentukan apakah sepakbola Riau bisa mengulang kesuksesan Porwil 1992 di Palembang, Sumsel atau tidak. Sebab saat itu, sepakbola Riau meraih emas di Porwil 1992 Sumsel.

Pelatih Sumbar Dian Rama Syahputra mengatakan pihaknya tetap optimis dan berharap para pemain bisa bermain maksimal. Apalagi Riau memiliki pemain bagus.

Bila dilapangan diperkirakan sengit, dukungan di tribun penonton pun juga diperkirakan bakal sengit. Sebab publik Riau terlebih Pekanbaru akan terbelah mendukung dua tim tersebut. Bukan rahasia lagi, terlebih di Pekanbaru, banyak warga perantau asal Sumbar.

Terlebih, dalam hal urusan sepakbola, Sumbar dan Riau kerap bersaing. Tak terkecuali di level profesional dimana ada Semen Padang di Sumbar dan PSPS di Riau.

Hal-hal diatas lah yang menjadikan Riau vs Sumbar menjadi final ideal.

Peetandingan final akan digelar pukul 14.00 wib. Pada Selasa pagi, pukul 08.00, pertandingan perebutan perunggu antara Kepri vs Lampung akan digelar di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai.***

 

Redaktur : EBP

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index