KONI Pusat Apresiasi Pelaksanaan Porwil Riau

KONI Pusat Apresiasi Pelaksanaan Porwil Riau

SERIBUPARITNEWS.COM,PEKANBARU - Ketua KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga (Porwil) Sumatera XI berjalan dengan baik.

Sebagaimana diketahui Provinsi Riau sejatinya bukanlah tuan rumah pelaksanaan Porwil Sumatera XI, Riau menggantikan Aceh yang mengundurkan diri karena mereka mempersiapkan diri untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di tahun 2024.

"Dari penyelenggara Porwil yang diikuti 10 cabang olahraga, Alhamdulillah semua berjalan dengan baik. Hingga sampai hari ini menyisakan final sepak takraw dan sepakbola," ujarnya, Senin 13 November 2023.

Dari 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera, 8 provinsi menjadi peserta Porwil Sumatera XI diluar dari Aceh dan Sumatera Utara yang merupakan tuan rumah PON 2024.

Sebab Porwil juga merupakan ajang babak kualifikasi menuju pentas PON, namun karena Aceh dan Sumatera Utara adalah tuan rumah PON, maka atlet yang berasal dari Aceh dan Sumatera Utara tidak diwajibkan untuk mengikuti babak kualifikasi.

Secara umum, Marciano Norman memberikan apresiasi kepada Pemerintah Riau. Baik mantan Gubernur Syamsuar dan Plt Gubernur saat ini yang dijabat oleh Brigjen TNI (Purn) Edy Natar.

"Riau sebagai tuan rumah Porwil melakukan tugas dengan baik, atlet dari 8 provinsi puas atas penyelenggaraan ini," sebutnya.

Hingga pelaksanaan Porwil Sumatera XI hingga hari kedelapan ini, Riau sudah dipastikan menjadi juara dengan mengemas 40 medali emas, 20 perak dan 33 perunggu.

Riau ungguli Kontingen Bangka Belitung yang masih mengemas 31 medali emas, 21 perak dan 27 perunggu.

Dengan tersisa 2 cabang olahraga lagi, dipastikan Riau mempertahankan gelar juara umum Porwil 3 kali berturut-turut.***

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index