Penantian 31 Tahun Lolos PON, Iskandar Hoesin: Sejarah Anak Riau Angkat Prestasi Sepakbola

Penantian 31 Tahun Lolos PON, Iskandar Hoesin: Sejarah Anak Riau Angkat Prestasi Sepakbola
Tim Sepakbola Riau Menang Atas Kepri 1-0 di Babak Semifinal

SERIBUPARITNEWS.COM,PEKANBARU - Tim Sepakbola Porwil Riau, catatkan sejarah baru setelah 31 tahun tidak lolos PON melalui babak kualifikasi PON. Anak-anak asuh Amrizal ini berhasil mengalahkan tim Sepakbola Kepulauan Riau (Kepri), dengan skor tipis 1-0, Ahad 12 November 2023, di stadion utama Riau. Gol tunggal Riau diciptakan oleh Endrian Dwi Fahri, menit ke 25 babak pertama.

Kemenangan atas Kepri dibabak semifinal ini, membawa tim sepakbola Riau menembus final Porwil Sumatera XI. Selanjutnya Riau menunggu pemenang antara tim Sepakbola Sumbar menghadapi Provinsi Lampung, yang akan berlangsung petang ini di stadion utama Riau.

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, yang ikut menyaksikan partai final tersebut bersukur dan mengapresiasi permainan anak-anak Riau. Harapannya Riau lolos PON setelah menunggu selama 31 tahun akhirnya terwujud. Sejak tahun 1993 Riau baru lolos PON, dibabak kualifikasi PraPON tahun 1992. Selanjutnya pada tahun 2012 lalu, Riau lolos tanpa babak kualifikasi karena tuan rumah PON.

“Alhamdulillah kita berhasil menang dan melaju ke final. Artinya tiket PON sudah ditangan. Mudah-mudahan, kita bisa menjadi juara 1 nantinya. Ini sejarah anak-anak Riau bisa mengangkat persepakbolaan Riau, mencatatkan sejarah setelah 31 tahun tidak lolos PON,” ujar Iskandar Hoesin.

Dijelaskan Iskandar, ia berharap tim sepakbola Riau kembali membuktikan menjadi yang terbaik di Sumatera. Setelah lolos PON masih ada target terakhir menjadi juara di cabor sepakbola.

“Sekarang ini kita sudah dipastikan juara umum Porwil, sukses juara umum belum lengkap rasanya kalau tidak juara sepakbola. Dapat medali emas di cabor sepakbola, maka terwujudlah mimpi saya menyukseskan Porwil dan Lilis PON sepakbola, dan harapan dari masyarakat Riau kita juara umum sudah terwujud. Kini melengkapkan juara dengan medali emas sepakbola,” harap Iskandar Hoesin.

Sementara itu, manager tim sepakbola Riau, Edward Riansyah, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain, jajaran pelatih dan official tim Sepakbola Riau atas kemenangan Riau di laga semifinal menghadapi Kepri. Hasil ini memenuhi target PSSI Riau lolos PON, setelah 31 tahun tidak lolos PON.

"Ini perjuangan yang sangat luar biasa, ini yang kita tunggu-tunggu di Porwil ini setelah 31 tahun sejak 1992, dan di tahun 2023 kita berhasil lolos PON," kata Edward Riansyah, yang juga menjabat ketua umum Asprov PSSI Riau ini.***

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index