Ma'had Tahfiz Hayatul Qur'an Laksanakan Upacara Hari Santri Nasional 2023

Ma'had Tahfiz Hayatul Qur'an Laksanakan Upacara Hari Santri Nasional 2023
Peringatan Hari Santri di Ma'had Tahfiz Hayatul Qur'an Desa Pulau Palas

SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan Hulu - Ma'had Tahfiz Hayatul Qur'an Desa Pulau Palas melaksanakan peringatan hari santri nasional di lapangan upacara, (22/10)

Dengan mengenakan pakaian putih-putih berkerudung hitam, dan koko putih bersarung, seluruh jajaran pengurus ustadz dan ustadzah nya beserta majelis guru di Ma'had Tahfiz Hayatul Qur'an tampak berseri memulai upacara pukul 08:00 wib.

Bertindak sebagai pembina upacara yakni Ustadz Dr. Ridhoul Wahidi, MA (Pimpinan Ma'had Hayatul Qur'an).

Dalam sambutannya disampaikan,bahwa peringatan hari santri tahun ini mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negri, jihad secara bahasa adalah bersungguh sungguh, secara istilah jihad memiliki 2 makna yakni bersungguh sungguh berupaya untuk mendapatkan sesuatu karena Allah Swt.

 yang kedua ialah upaya secara sungguh sungguh mengeluarkan hartanya, tenaganya, pikirannya, untuk melawan orang orang yang melawan agama dan negara. Dalam konteks ini jihad santri adalah jihad intelektual dimana para santri adalah pejuang dalam melawan pembodohan, para santri adalah pejuang dalam melawan ketertinggalan yang dintandai dengan zaman sekarang yakni transformasi digital. saat ini tidak hanya belajar kitab kuning, tidak hanya mengaji, dan tidak hanya belajar bahasa akan tetapi para santri sudah saat nya diajarkan mengenai transformasi dan teknologi digital baik di sekolah maupun di pesantren. 

Lebih lanjut beliau mengajak kepada para santri di moment hari santri nasional 2023. “mari berjihad bersungguh sungguh meningkatkan ilmu pengetahuan yang nantinya berguna bagi masyarakat bangsa dan negara yang akan datang yang dapat mengembangkan bangsa ini menjadi bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,”akhiri sambutannya 

Upacara berlangsung hingga pukul 9:00, guna memeriahkan peringatan hari santri nasional 2023, seusai upacara dilaksanakan serangkaian acara penampilan penampilan pertunjukan pidato, puisi, dan seni dari para santriwan dan santriwati (Dima)

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index