Bupati Inhil: Ayo Catat Diri Anda pada Sensus Penduduk Online 15 Februari – 31 Maret 2020



seribuparitnews.com Tembilahan (16/12/2019), bertempat di aula Hotel Top 5, Bupati Indragiri Hilir H.M Wardan membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Kependudukan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam sambutannya, Bupati mengajak seluruh masyarakat Indragiri Hilir untuk berpartisipasi aktif pada Sensus Penduduk Online ataupun Sensus Penduduk Wawancara yang dilaksanakan tahun 2020. Sensus Penduduk merupakan kegiatan nasional yang dilakukan 10 tahun sekali untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia.

Salah satu narasumber, Agus Nuwibowo, S.Si, MM dari BPS Provinsi Riau, menyatakan pentingnya data statistik dalam upaya perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan di segenap aspek kehidupan bermasyarakat. Turut hadir juga sebagai narasumber, Kadisduk dan Pecapil Kabupaten Indragiri Hilir, Ahmad Ramani, S.Pd, M.Pd, yang mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 demi mewujudkan Satu Data Kependudukan. Hal ini terwujud dengan digunakannya data kependudukan semester 1 tahun 2019 dari dukcapil sebagai basis data.

Selain itu narasumber lain dari BPS Provinsi Riau, Moh. Fatichuddin, menyatakan bahwa pertama kalinya di Indonesia Sensus Penduduk dilakukan secara online yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020. Masyarakat dapat memperbaharui data kependudukan mereka melalui perangkat komunikasi yang terhubung internet pada alamat sensus.bps.go.id atau menerima kunjungan petugas pada Sensus Penduduk Wawancara pada tanggal 1-31 Juli 2020. Oleh karena itu, beliau menghimbau kepada seluruh pihak untuk membantu penyebarluasan informasi SP2020 dan mengajarkan masyarakat sekitarya tentang pentingnya berpartisipasi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Pewarta : Prabu Suryadhana

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index