DP2KBP3A Inhil: PATBM Berperan Membangun Kesadaran dan Kepedulian terhadap Anak

DP2KBP3A Inhil: PATBM Berperan Membangun Kesadaran dan Kepedulian terhadap Anak

 

 

 

 


 

SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHAN - Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) merupakan gerakan masyarakat yang terorganisasi, yang mewadahi dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan masyarakat dalam mencegah dan menangani kekerasan terhadap anak yang  dijalankan dalam jejaring yang menjadi bagian dari sistem perlindungan anak. 

Dengan demikian, PATBM menyediakan kesempatan dan memfasilitisasi masyarakat untuk memenuhi hak partisipasi warga dalam perlindungan anak seperti yang diakui dan dijamin secara hukum melalui Undang Undang Perlindungan Anak.

Kepala DP2KBP3A Inhil R. Arliansyah melalui Sekertaris Fathurrahman mengatakan PATBM lebih banyak berperan dalam membangun kesadaran, kepedulian, dan kemampuan masyarakat dalam mencegah, mendeteksi dini, menyediakan pertolongan pertama dan pelayanan rujukan ke sumber pelayanan ketika terjadi kekerasan terhadap dan oleh anak.

"PATBM adalah wadah yang berupaya memberikan dorongan kepada kita semua lapisan masyarakat, khususnya kepada kedua orang tua anak untuk memberikan perlindungan, pengasuhan pendidikan dan kepedulian terhadap kepada anak," jelasnya, saat menyampaikan sambutan Puncak HAN 2022, Minggu (14/8) di Gedung Wanita Inhil.

Ia menuturkan, jangan sampai orang lain peduli terhadap anak yang bukan anaknya, sementara otang tua kandungnya tidak peduli.

"Apa yang sudah dilakukan oleh PATBM Tembilahan Hilir diharapkan menjadi sampel untuk terus berkembang dan menjamur di seluruh desa dan kelurahan serta kecamatan se-Kabupaten Inhil," harapnya.

Ia menuturkan jika PATBM di seluruh kecamatan se Kabupaten Inhil berperan aktif, akan sangat luar biasa menunjang pemenuhan hak anak.

"Kalaulah PATBM yang ada di seluruh kecamatan seperti yang ada di Kelurahan Tembilahan Hilir ini tentu sangat luar biasa bagi anak-anak kita," imbuhnya.

 

Redaksi 

Berita Lainnya

Index