Babinsa Mandah Tinjau Pabrik Pengolahan Masyarakat Jaga Kearifan Lokal Setempat

Babinsa Mandah Tinjau Pabrik Pengolahan Masyarakat Jaga Kearifan Lokal Setempat

Mandah - Babinsa Batang Tumu Pratu Rian Hendro Prayogi terus mendukung Kampung Pancasila di kelurahan Khairiah mandah Kecamatan  Mandah ,Kab. Indragiri Hilir kamis (18/04)

Meskipun masyarakat sangat dominan mengonsumsi beras sebagai kebutuhan makan sehari-hari, namun produksi sagu sebagai makanan kearifan lokal masih banyak dilakukan untuk diolah menjadi berbagai ragam jajanan

Seperti Babinsa Koramil 08/MDH Pratu Rian Hendro Prayogi saat laksanakan komunikasi sosial (komsos) dan sekalian membantu proses pengolahan sagu, di Dusun Bengkinang, Desa Pelanduk, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri hilir.

dalam komsosnya, Babinsa menyampaikan agar dalam proses pengolahan sagu dengan mengunakan alat manual ini, warga harus melakukan dengan teliti, sabar, dan juga hati-hati dalam menjaga faktor keamanan serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ternyata dalam pengolahannya, membutuhkan waktu yang panjang dengan melalui beberapa proses, yakni menebang pohon sagu, membuka kulit luar, Membelah dan dilanjutkan dengan Memarut Batang Sagu yang sudah dibelah,
Setelah itu dilanjutkan dengan Proses Penyaringan Batang Sagu Yang sudah Diparut.  sehingga dari Proses Penyaringan sagu Yang Sudah Di parut tadi, akan menghasilkan air sagu yang nantinya akan didiamkan dalam wadah yang sudah disiapkan hingga tergenang dan menjadi sagu.

Pratu Rian sedang membuat sagu bersama warga Dusun Bengkinang.

“Kami selaku Babinsa, apa yang kami lakukan ini untuk beradaptasi dengan lingkungan dan sebagai Babinsa saya sudah seharusnya bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan masyarakat yang ada di wilayah binaan saya,

Pratu Rian juga menambahkan bahwa kami selaku Babinsa sangat berharap hasil pengolahan sagu warga kali ini, kiranya dapat mendongkrak dan membantu mengatasi kebutuhan ekonomi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Bapak Dika, warga Pemarut sagu mengucapkan terima kasih banyak atas kerjasama bapak Babinsa selama ini.

“Semoga hal ini menjadi berkat dan bermanfaat bagi keluarga kami secara pribadi dan juga masyarakat lainnya,” kata Bapak Dika.

Selama kegiatan berjalan dalam keadaan Aman dan tertib .

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Babinsa

Index

Berita Lainnya

Index