Sambu Group dan YBDA Gelar Sunatan Massal di Kecamatan Kateman

Sambu Group dan YBDA Gelar Sunatan Massal di Kecamatan Kateman
Foto : Kegiatan Sunatan Massal (18-19 Desember 2023) yang diinisiasi oleh YBDA dan Sambu Group

SERIBUPARITNEWS.COM,Sambu Group - Menjelang akhir tahun 2023, Yayasan Bahtera DwipaAbadi (YBDA) bersama dengan Sambu Group kembali menggelar sunatan massal di Klinik Pratama PT Pulau Sambu (Guntung), Kateman, Indragiri Hilir.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Desember 2023 dengan total sebanyak 216 peserta. Kegiatan juga turut dihadiri oleh Camat Kateman, H. Junaidi. Melalui tema “Bersama Mewujudkan Generasi Muda yang Sehat”, kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat sekitar.

“Dengan dukungan Sambu Group, YBDA berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi masyarakat ekosistem kelapa. Dan misi YBDA dalam bidang kesehatan adalah meningkatkan mutu dan efektivitas kesehatan untuk masyarakat terkait di kalangan ekosistem kelapa. Sunatan massal adalah salah satu perwujudan nyata pengejawatahan misi tersebut”,ujar Tua H. Hutabarat selaku Operation Manager YBDA.

“Khitanan massal di penghujung tahun 2023 ini, diadakan serempak di beberapa lokasi. Pada tanggal 20-21 Desember 2023 diadakan di kecamatan Pulau Burung, pada Klinik PT Riau Sakti United Plantations. Kemudian di kantor kecamatan Pelangiran pada tanggal 23 Desember 2023, dan terakhir pada tanggal 27-28 Desember 2023 di klinik PT Pulau Sambu di Kuala Enok”, lanjut  Tua H. Hutabarat.

Dari sudut pandang agama, sunat atau khitan merupakan salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Fungsi khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Sedangkan secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting, yakni untuk membuang bagian anggota tubuh yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan. Dengan diadakannya khitanan massal, semoga bisa membantu mewujudkan generasi muda yang sehat. Dan dimulai di lingkungan kita, yakni Kateman,” terang A.Ginting selaku Humas Sambu Group.

Foto : Prosesi Khitan yang Dilakukan Oleh Tim Dokter Klinik Pratama PT Pulau Sambu di Guntung

“Saya sangat mengapresiasi YBDA dan Sambu Group yang telah menyelenggarakan khitanan massal di Kecamatan Kateman. Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan peserta dan membantu secara sosial dari yang telah ikut serta. Terima kasih telah membantu mewudukan generasi muda yang sehat di Kecamatan Kateman melalui kegiatan khitanan massal!,” sahut H.Junaidi, Camat Kateman.

Khitan terkadang masih merupakan ritual yang mahal bagi sebagian kelompok masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Namun ini merupakan tanggung jawab orang tua untuk mengantakan anaknya memasuki masa kedewasaan dengan landasan kesholehan. Kegiatan sunatan massal diharapkan bisa membantu dan memberi manfaat bagi yang membutuhkan.

“Sebagai agenda rutin, bagi YBDA sunatan massal merupakan salah satu program prioritas  di bidang kesehatan. Seperri komitmen YBDA dalam bidang kesehatan untuk  terus meningkatkan mutu, pelayanan dan fasilitas kesehatan masyarakat di kalangan ekosistem kelapa. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan diterima dengan baik oleh masyarakat Kateman," tutup Tua H. Hutabarat.

 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index