Berdakwah Lewat Syair Ibarat

Berdakwah Lewat Syair Ibarat
Budayawan dan Seniman Inhil Tengku Syed Basirun

SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHANHULU - Seorang pria yang  tak pernah henti hentinya berbuat karya seni untuk negri,daya pikir kreatifitas,ide dan gagasannya  terus mengalir bak air terjun lembah Anai yg dingin dan berdesir setiap hari.

langkah kreatifnya tidak tergesa-gesa dalam berbuat, tapi karyanya penuh dengan perhitungan yang matang,dan cerdas,ianya tenang dan menyenangkan,ianya sangat santai tapi sangat peduli genggam alam dan sangat bijak untuk menuai kualitas dalam berkarya, karena baginya, berkarya mengikuti nafsu yang terburu-buru dengan niat segera dapat pujian separuh dewa dari orang,itulah karya hitam kelam yang tanpa bentuk.

Tengku sayed  basirun.Al-habsyi, seorang seniman Multitalenta,yang serba serbi prestasi dibidang seni.

Dia seorang pencipta lagu, penyanyi Melayu,sutradara teater,pembaca puisi,syair menyair dan juga seorang MC,beliau juga sangat, lasak sepak terjangnya dalam dunia seni tidak diragukan lagi dengan pembuktian hasil yg memuncak yaitu Juara 1 Lomba Baca Syair  di pekan budaya Melayu sedunia di pekan baru.

Dan juga menjadi Juara Terbaik di ajang lomba cipta lagu melayu Se -Riau, yg diadakan oleh Dewan Kesenian propinsi riau.

Perjuangannya di bumi hamparan kelapa dunia ini pun tidaklah sia-sia belaka,dengan pemikiran yg sangat jenius,ianya mengangkat sebuah diskusi akbar di teater arena balai dang merdu pekanbaru,tentang Irama Syair  Ibarat,yang dihadiri oleh para seniman seniwati riau,para sastrawan riau dan para mahasiswa/i universitas yg ada di pekanbaru,diskusi dan debat pun berbunyi suara tanya jawab dan kritikpun tak terelakan.

Wal hasil nya diskusipun mengkerucut dengan suara yang sama menyatakan bahwa Irama Syair  Ibarat ini adalah irama syair khasnya  Indragiri Hilir.

Dan  juga irama syair ibarat inipun berkumandang lah didepan menteri pariwisata di acara Jakarta Expo di monas Jakarta,juga irama syair ibarat ini juga menjadi bahan diskusi bersama mahasiswa/i University of Malaya di gedung puri Cendana,

Dan akhirnya jadilah Syair  Ibarat  ini Syair Khas Indragiri Hilir.

"inilah segelintir perjuangan seorang seniman Indragiri hilir, langkah roh karya tanpa henti,mudah mudahan Irama  Syair Ibarat  ini menjadi suara dakwah lewat syair... InsyaAllah berkah Aamiin YRA,"pungkas Syed Basirun

 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Adat

Index

Berita Lainnya

Index