Ketum KONI Pusat: Porwil Riau Tidak Kalah Dengan SEA Games Kamboja

Ketum KONI Pusat: Porwil Riau Tidak Kalah Dengan SEA Games Kamboja
Foto: Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman menyatakan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra XI di Provinsi Riau tidak kalah dengan perhelatan Internasional seperti SEA Games 2023 di Kamboja.

SERIBUPARITNEWS.COM,PEKANBARU - Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman menyatakan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra XI di Provinsi Riau tidak kalah dengan perhelatan Internasional seperti SEA Games 2023 di Kamboja.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru dan Bangkinang sejak 4 hingga 14 November 2023 menjadi soroton khusus baginya.

“Saya kemarin melihat beberapa event di sini dan kalau dibandingkan sama SEA Games Kamboja, tidak kalah Riau ini. Hebat Riau,” ucapnya saat sarapan pagi bersama Plt Gubernur Riau Edy Natar Nasution, di Pekanbaru, Senin 13 November 2023.

Dikatakan, iven meriah dan fasilitas mumpuni sejalan dengan kualitas atlet Riau yang mencetak banyak prestasi. Oleh karena itu, ia mengapresiasi Pemerintah Provinsi Riau dan pihak terkait yang telah memegang amanah sebagai tuan rumah.

“Saya selaku Ketua Umum Koni Pusat tentunya memberikan apresiasi, rasa hormat dan bangga atas prestasi yang dicapai. Ini adalah satu hal yang betul-betul menunjukkan bahwa pembinaan olahraga prestasi di Riau berjalan secara baik,” katanya.

Dijelaskan, Riau saat ini menduduki peringkat pertama dan menjadi juara umum dari Porwil Sumatera. Menurutnya, menjadi juara umum di Porwil di Sumatera itu bukanlah hal yang mudah karena persaingan di Sumatera juga sangat-sangat ketat.

“Kita bersama-sama harus berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau, tanpa dukungan Pemerintah Provinsi tidak mungkin ini semua bisa tercapai. Perhatian Gubernur beserta jajaran pemerintah provinsi terhadap olahraga ini sangat besar. Alhamdulillah dalam prosesnya yang begitu sulit, Pak Edy Natar selalu memberikan dukungan maksimal sehingga Porwil ini dapat berjalan dan sangat membanggakan,” tegasnya.

“Karena Riau ini punya segalanya, fasilitas yang ada yang bekas PON itu saja dipelihara dengan baik kemudian cabor-cabor dipilih yang prestasinya bagus,” lanjutnya lagi.

Sebelumnya, Wakil Ketua I KONI Pusat, Suwarno juga mengapresiasi pelaksanaan pertandingan Porwil Sumatra XI, di Provinsi Riau. Sejak hari pertama pembukaan event tersebut, ia melihat Panitia Besar Porwil dan KONI Riau melaksanakan Porwil dengan baik.

“Jadi saya sudah melihat beberapa cabor, pelaksanaan Porwil itu sendiri berjalan dengan baik, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Riau, perwakilan daerah yng telah memberikan peluang Riau untuk menjadi tuan rumah Porwil,” ujar Suwarno.

Suwarno menerangkan, bagi atlet-atlet dari 8 provinsi se-Sumatra, yang paling terpenting adalah bagaimana meloloskan atlet menuju PON Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang. Pelaksanaan Porwil ini juga bagian dari babak kualifikasi PON untuk wilayah Sumatra.

“ Bagi Provinsi yang ikut kami sampaikan siapa pun yang ikut sasaran terdekatnya adalah lolos dahulu. Setelah mereka lolos untuk besok mengikuti PON masih punya waktu satu tahun, sehingga harapannya mereka bekerja keras meningkatkan prestasi maksimal,” terangnya.

Sementara, dilihat dari prestasi nasional memang masih banyak yang harus dipindahkan dari berbagai cabang olahraga. "Ada yang menonjol beberapa atlet yang sudah latihan di tim nasional. Saya kira ini bukan sesuatu yang terlambat bagi yang lain, harapannya atlet nasional ini memberikan dorongan kepada atlet daerah, sehingga mereka akan terpacu untuk meraih prestasi.” pungkasnya.***

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index