DLHK Riau Sudah Punya Laboratorium Lingkungan, Plt Kadis LHK Tinjau Langsung!

DLHK Riau Sudah Punya Laboratorium Lingkungan, Plt Kadis LHK Tinjau Langsung!
Plt Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, M Job Kurniawan mendatangi Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan di Pekanbaru,

Pekanbaru - Plt Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, M Job Kurniawan mendatangi Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan di Pekanbaru, Jumat 19 April 2024 pagi. M Job Kurniawan berkoordinasi, sekaligus melihat kondisi peralatan dan SDM di laboratorium tersebut.

Plt Kadis LHK Riau langsung mengumpulkan pegawai UPT Laboratorium Lingkungan dan berdiskusi, memberikan arahan sembari mendengarkan sejumlah saran dari pegawai.

"Kantor UPT Lingkungan ini masih baru terbentuk. Kedatangan saya kesini untuk melihat kebutuhan-kebutuhan yang harus dilengkapi. Untuk tahun ini sudah ada sejumlah peralatan yang diadakan," kata Job di lokasi.

Dijelaskannya, DLHK Riau sudah melaksanakan pelatihan sumber daya manusia (SDM), untuk 24 pegawai UPT Laboratorium Lingkungan.

"Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan kapasitas SDM, bisa menjadikan Laboratorium Lingkungan Dinas LHK Riau lebih baik. In shaa Allah tahun 2025 laboratorium ini bisa meraih akreditasi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Laboratorium Lingkungan, Dinas LHK Riau, Irma Agustini mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan untuk meraih akreditasi laboratorium. Sehingga ke depannya, laboratorium mampu melakukan pengujian sampel.

Diungkapkan, peningkatan SDM yang dilakukan adalah terkait sistem manajemen mutu laboratorium sesuai SNI ISO/IEC 17025-2017, kaji ulang manajemen, audit internal laboratorium. Lalu, terkait dokumentasi sistem manajemen mutu laboratorium, dan Identifikasi manajemen risiko.

Selain itu, ada pula pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pengelolaan limbah laboratorium. Kemudian, pelatihan sampling air limbah dan permukaan.

"Laboratorium ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan pengujian. Kemudian, dikelola secara profesional dengan mengacu pada sistem mutu ISO 17025-2017 agar tercapai efesiensi dan efektifitas," ujarnya.

Selain itu, menurut Irma pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM dan kompetensi personel, memperkuat analisis hasil pengujian untuk penyajian data dan informasi yang cepat, akurat, dan terpercaya.

Irma mengaku, UPT Laboratorium Lingkungan Dinas LHK Riau akan meningkatkan peran dalam analisis kualitas lingkungan hidup. Selain itu, juga meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait dan laboratorium lainnya.

"UPT Laboratorium Lingkungan DLHK Riau diharapkan bisa menjadi ujung tombak untuk dapat menyediakan data lingkungan yang diperlukan dalam kegiatan pengelolaan lingkungan. Profesional, ramah, inovatif, akurat, dan unggul (PRO Riau)," tandasnya. ****

Rilis Media Centre Riau
Editor: Munazlen Nazir

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index