Ratusan Personil Diterjunkan Pada Apel Gelar Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Di Kabupaten Cilacap

Ratusan Personil Diterjunkan  Pada Apel Gelar Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Di Kabupaten Cilacap
Jajaran TNI-Polri bersama pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Pengamanan Pemilu Tahun 2024, Selasa (13/2/2024).

Cilacap – Jajaran TNI-Polri bersama pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Pengamanan Pemilu Tahun 2024, Selasa (13/2/2024). Apel yang digelar di Alun Alun Kabupaten Cilacap ini diikuti unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan Sat Linmas.

Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri bertindak sebagai pimpinan Apel, didampingi Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Ruruh Wicaksono dan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Yuliazi. Kegiatan yang bersandi Operasi Mantap Brata Candi 2024 ini akan mengerahkan 769 personil Polres Cilacap untuk mengamankan jalannya pemilu serentak tahun 2024.

Dalam sambutannya, Awaluddin berpesan kepada seluruh anggota Polri, TNI dan aparat pengamanan lainya untuk netral, tidak memihak kepada salah satu calon dan tidak memberikan dukungan apapun dalam konteks ucapan dan tindakan kepada para calon peserta pemilu.

Bahkan ada sanksi tegas untuk anggota TNI-Polri dan aparat Pemerintah yang melanggar aturan tersebut. “Kita semua berharap dalam tahapan inti yaitu tahap pungut dan hitung pemilu 2024 di Wilayah Kabupaten Cilacap khususnya dapat berjalan aman dan lancar tanpa suatu permasalahan apapun”, terangnya.

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono usai Apel menjelaskan, dari 1.312 personil yang bertugas, 646 personil akan turun langsung ke TPS dan 123 personil melaksanakan tugas sebagai power on hand dan tugas harkamtibmas lainnya. “Ada 5.964 TPS, hampir 6 ribu. TPS rawan ada 128 TPS karena lokasinya jauh serta kondisi geografis.

Kita pastikan besok masyarakat bisa datang ke TPS untuk menyalurkan suara. Sedangkan untuk TPS khusus kita berkoordinasi dengan pihak Lapas untuk pengamanan”, jelasnya.

Untuk pengamanan ini, Polresta Cilacap juga mendapatkan bantuan personil dari Polda Jateng. Pergeseran pasukan dimulai usai apel, dan personil akan bertugas di tiap TPS hingga 15 Februari 2024 atau setelah rekapitulasi hasil pemungutan suara.(Kamsi Gautama)9

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index