Kapolsek Bengkalis Berjalan Kaki Temui Warga Pedalaman Suku Akit Desa Teluk Latak Sampaikan Pesan Pemilu Damai

Kapolsek Bengkalis Berjalan Kaki Temui Warga Pedalaman Suku Akit Desa Teluk Latak Sampaikan Pesan Pemilu Damai
Kapolsek Bengkalis AKP Faisal, SH menyapa warga suku Akit Desa Teluk Latak, dalam rangka menyampaikan pesan Pemilu Damai, Senin (18/12/2023)

SERIBUPARITNEWS.COM,BENGKALIS – Setelah menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari Mapolsek Bengkalis yang berlokasi di Desa Sungai Alam, rombongan Kapolsek Bengkalis AKP Faisal SH, didampingi Kanit Bimas Aiptu Yan Chaidir, Bhabinkamtibmas Desa Prapat Tunggal Bripka Irwan dan Bhabinkamtibmas Desa Teluk Latak Aipda Rano tiba di Jalan Jendral Sudirman Desa Teluk Latak Kecamatan Bengkalis, Senin (18/12/2023) siang.

Walau di tengah hari terik, matahari menyengat pada siang itu, tidak menyurutkan semangat AKP Faisal beserta jajarannya untuk menyapa warga. Setelah memarkirkan mobil di tepian Jalan Jendral Sudirman Desa Teluk Latak, rombongan Kapolsek Bengkalis melanjutkan perjalanan lewat sebuah gang menuju pemukiman warga pedalaman suku akit di desa tersebut, demi menemui tokoh masyarakat dan tokoh adat, untuk menyampaikan pesan Pemilu Damai 2024, dalam rangka cooling system menciptakan suasana yang damai dan kondusif.

Setibanya di lokasi pemukiman warga, rombongan Polsek Bengkalis disambut Ketua Kelompok Nelayan Usaha Bersama Suku Akit Abeng beserta beberapa orang anggotanya, selain ketua kelompok nelayan Abeng juga dipercaya warganya menjabat sebagai ketua suku atau ketua adat. Dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan Kapolsek Bengkalis Faisal mengajak Abeng dan anggotanya untuk berbincang terkait pesan damai pemilu 2024, serta ingin mengetahui kendala apa saja yang dihadapi warga, baik terhadap pelaksanaan pemilu maupun dalam aktivitas kehidupan sehari–hari.

“Kedatangan kami hari ini, selain untuk melihat langsung kondisi masyarakat suku akit di wilayah hukum Polsek Bengkalis, kami juga ingin menyampaikan pesan pemilu damai, agar segala kendala dapat diminimalisir, serta untuk memastikan logistik pemilu bisa terdistribusikan dengan baik dan pada penyelenggaraannya bulan februari 2024 mendatang berlangsung damai, adil dan lancar,” kata AKP Faisal pada kesempatan itu.

Kapolsek Bengkalis yang terbilang komunikatif dan aspiratif ini, juga mencoba menampung keluh kesah dari warga suku Akit desa Teluk Latak, untuk selanjutnya ke depan dapat dicarikan solusi bagi warga setempat, agar terbantu dalam menjalankan aktifitas perekonomiannya sehari-hari.

“Silakan sampaikan kepada kami, jika ada kendala ataupun keluhan bapak-bapak dalam beraktivitas khususnya nelayan di Desa Teluk Latak ini,” tambah Kapolsek Bengkalis.

“Kami sangat senang menerima kehadiran Kapolsek Bengkalis beserta jajaran di kampung kami ini, bagi kami hal ini merupakan kepedulian pemerintah melalui Polri untuk melihat langsung kondisi rakyat suku pedalaman.

"Untuk pemilu 2024, kami warga suku Akit Desa Teluk Latak yang berjumlah 40 KK dan 78 suara, siap ikut berpartisipasi dan mensukseskan agar berlangsung aman dan damai,” sambut Abeng mengawali pembicaraan yang dipusatkan di depan sebuah kelenteng atau tempat ibadah warga suku Akid di tempat itu.

Di hadapan Kapolsek Bengkalis dan rombongan, Abeng juga menyampaikan sedikit keluh – kesah terkait aktivitas ekonomi warganya yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.

“Kalau musim angin seperti sekarang ini, kami tidak bisa melaut pak, sebab gelombang tinggi. Jadi tentunya akan berpengaruh terhadap pendapatan keluarga,” tuturnya.

Mendengan keluhan tersebut, AKP Faisal, SH berjanji akan kembali mendatangi warga suku Akit Desa Teluk Latak, pada program Jumat curhat, untuk menyalurkan bantuan sembako bagi warga yang membutuhkan atau keluarga nelayan yang terdampak musim angin, sehingga tidak bisa menangkap ikan seperti biasa.

Pantauan media ini keramahan dan kepedulian yang tinggi dari Kapolsek Bengkalis AKP Faisal SH, membuat warga suku akit Desa Teluk Latak merasa nyaman untuk bercerita, curhat dan menyampaikan keluh – kesah, sehingga mereka berharap segala aspirasi dapat tertampung dengan baik.

Sebagai informasi bahwa kelompok masyarakat suku akit di desa Teluk Latak merupakan suku asli di pulau terluar Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau,  pemukiman mereka berbatasan langsung dengan Selat Melaka, berhadapan dengan negara jiran Malaysia.**

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index