DISBUN INHIL LAKSANAKAN PERTEMUAN PETANI CLUSTER SAGU

Tampak Sekretaris Dinas Perkebunan Sutarno Wandoyo, S.Sos.,MH memberikan sambutan

Dokumentasi Pertemuan Petani Cluster Sagu di Kecamatan Gaung Anak Serka
seribuparitnews.com, Sungai Ilirian Gaung Anak Serka: Senin (22/04/2019) bertempat aula GOR Desa Sungai Iliran. Disbun Inhil melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran melaksanakan Pertemuan Petani Cluster Sagu. Acara dihadiri Kepala Dinas Perkebunan yang diwakili Sekretaris Sutarno Wandoyo, S.Sos., MH Kabid Pengolahan dan Pemasaran Ardiansyah, SE, Kasi Bimbingan Usaha H.Hasbulloh, SP, Narasumber Erwan, SE dari Seksi Pengolahan, Aswin Bovita, SP.,M.Si dari Seksi Pemasaran dan Masykur HZ, S.Pi,.M.Si berasal dari Bappeda Inhil.

Juga dihadiri Kepala Desa Sungai Iliran Ahmad Sukri, Kepala Desa Teluk Pantaian Mulherianto dan Kepala Desa Harapan Makmur yang diwakili Sekde Mursidi. juga Peserta berasal dari tiga Desa tersebut berjumlah dua puluh orang

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perkebunan yang diwakili Sekretaris Sutarno Wandoyo, S.Sos.,MH bahwa perkebunan memiliki delapan komoditas yang harus kita urusi , selain komoditas utama kelapa, Inhil juga memiliki potensi sagu yang menjanjikan, bagaimana tidak karena daerah kabupaten meranti memasok sagu dari Inhil, dan memiliki nama bukan Inhil tapi merantu. Ini merupakan PR bagi kita Masyarakat Inhil untuk mengembangkan sagu ini menjadi komoditas yang menjanjikan dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain dijual bahan baku saja, selanjutnya harus dapat diolah sehingga harga lebih tinggi daripada harga sebelumnya. Soetarno juga menyinggung Pabrik Swasta harus bermitra dengan Petani, sehingga dapat terjalin hubungan yang baik antara dua stakeholder. Kedepannya Disbun Inhil akan memberikan bantuan berupa UPH (Unit Pengolahan Hasil) Sagu di beberapa sentra sagu di Inhil dan Mungkin akan melatih petani ke Luar daerah untuk menimba Ilmu tentang Pengolahan Sagu.

Narasumber dari Bappeda Inhil Masykur HZ, S.Pi.,M.Si menjelaskan bahwa sejak Tahun 2011 Pemda Inhil telah Membuat Road Map Cluster Sagu, Daerah Pengembangan Sagu termasuk Kecamatan Gaung Anak Serka, ini merupakan tindak lanjut Pemerintah untuk membuat Cluster Sagu tersebut dan menjadi Program pokok pertanian/perkebunan dari hulu sampai hilir yang diintegrasikan dengan DMIJ dan Instansi, sehingga berkelanjutan dan memiliki kualitas yang sangat baik tutur masykur. Narasumber lain menjelaskan tentang Pemasaran dan cara pengolahan sagu tersebut.

Selanjutnya pada sesi tanya jawab Petani Sagu banyak mempertanyakan tentang Program Pelatihan pada Petani Sagu atau Study Banding ke Tempat Pengolahan. Respon Disbun Inhil sangat baik dan akan menganggarkan di Tahun berikut. Petani sagu mempertanyakan harga sagu yang relatif rendah di daerah dikarenakan kualitas sagu yang belum baik dan ini merupakan PR bagi seksi Pengolahan dan Bimbingan Usaha.

Dan Kepala Seksi Bimbingan Usaha H.Hasbulloh, SP selaku PPTK kegiatan ini berharap Pertemuan Petani Cluster Sagu dapat mengakomodir Permasalahan Permasalahan yang dihadapi Petani Sagu, kedepannya Program Pemda Tentang Cluster Sagu ini dapat berjalan sehingga berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakat sekitar(ds)

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index