Danramil 07/Reteh menghadiri acara Gerakan Satu Hati.



SERIBUPARITNEWS.COM RETEH PULAU KIJANG,"-  Cegah terjadinya stunting  Pustu Puskesmas Pulau Kijang Menggelar gerakan satu hati di kel Pulau kijang 
Kecamatan Reteh.

Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi Pohan. mengatakan bahwa Hari ini Di Puskesmas Pulau Kijang mengadakan kegiatan Gerakan Satu Hati, Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting di wilayah Kecamatan Reteh.

"Dalam kegiatan Gerakan Satu Hati ini dilaksanakan pemeriksaan di Puskesmas pembantu, diantaranya yang dilakukan adalah imunisasi lengkap, penimbangan, sapa desa, pemberian vitamin A, pemeriksaan ibu hamil dan menyusui serta KB.

Danramil 07/Reteh Syahrul Effendi P ,"mengatakan bahwa Gerakan Satu Hati  merupakan bagian dari pelaksanaan program DMIJ Plus Terintegrasi. Dimana, unsur Terintegrasinya termasuk bidang kesehatan di dalamnya.

Lanjutnya, gerakan ini untuk mengetahui data valid mengenai stunting di Kecamatan Reteh, dan pencegahan stunting.

Adapun kegiatan yang akan di fokuskan pada gerakan “SATU HATI” ini adalah:

Pertama, Penimbangan secara serentak untuk mengetahui data valid jumlah stunting di kabupaten Indragiri Hilir.
Kedua, Pemberian vitamin A,Ketiga, Pemeriksaan ibu hamil dan menyusui. Keempat, Pemeriksaan pemberian pelayanan KB. Kelima, Pemberian sarapan anak di desa dan kelurahan.Keenam, Keluarga Berencana

Kadis berharap agar semua pihak bisa mengumumkan dan memberitahukan serta mensosialisasikan rencana kegiatan ini kepada seluruh masyarakat yang ada di kecamatan Reteh.

Perlu diketahui bahwa kegiatan “SATU HATI” di kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan yang pertama di lakukan di seluruh Indonesia.

Gerakan satu hati bermula dari adanya masalah stunting di Indragiri Hilir, oleh karena itu Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten mencanangkan gerakan “SATU HATI," 

Tambahnya," Dengan satu kegiatan, dengan semua orang bergerak dalam penanganan stunting secara bersama kita akan dapat data berapa  jumlah penderita stunting by name, by address," Ungkap nya.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, sebagai berikut ,Camat Reteh diwakili sekcam Reteh  Arbani S.Pd, Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi Pohan, Kapolsek Reteh diwakili oleh kanit sabara Aiptu Juwartono, Lurah sekecamatan Reteh, Bupati inhil diwaki oleh Kepala Damkar kab inhil Drs H.Ismed., Kepala Puskesmas Reteh Mustakim, SKM, Para Ibu -ibu PKK dan anak-anak Paud Se- Keluraha Pulau  Kijang., para ibu-ibu  yang punya Balita.

 -+ 350 orang yang menghadiri kegiatan Gerakan satu hati tersebut yang di gelar pertama kali di Puskesmas Pulau Kijang Kecamatan Reteh Kabupaten Inhil dan bahkan se Indonesia.Tutur nya.

Laporan : Kapten  Arm Syahrul Effendy Pohan
Editor.     : Prabu Suryadhana

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index