Bantah Tangkap Lepas Kasus Wabub Rohil dan Teman Wanitanya, Begini Penjelasan Dirkrimum Polda Riau

Bantah Tangkap Lepas Kasus Wabub Rohil dan Teman Wanitanya, Begini Penjelasan Dirkrimum Polda Riau
Dirreskrimum Polda Riau Kombes Pol Asep Dermawan

SERIBUPARITNEWS.COM,Pekanbaru - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau membantah adanya isu 'tangkap lepas' dalam kasus penggerebekan oknum Wakil Bupati Rokan Hilir bersama teman wanitanya oknum ASN yang menjabat salah satu Kabid di Bapenda Rohil, diamankan dari salah satu kamar hotel berbintang empat di kota Pekanbaru, pada Kamis (25/5/2023) malam.

"Tidak benar ada tangkap lepas, yang kami lakukan adalah upaya mengamankan dan dilakukan pemeriksaan terhadap kedua oknum. Setelah kami periksa, dan mendapat klarifikasi dari kedua pihak keluarganya masing-masing, keduanya kami pulangkan," kata Dirreskrimum Polda Riau Kombes Pol Asep Dermawan menjawab RiauLapor.com saat dihubungi pada Jumat 26 Mei 2023 malam.

Asep mengatakan pihaknya tidak bisa melakukan penahanan terhadap kedua pejabat tersebut paska digerebek, lantaran tidak ada delik aduan dari keluarga kedua belah pihak, sehingga pihaknya tidak dapat melakukan penahanan kepada kedua terduga.

"Delik aduan dari kedua keluarga belum ada, sehingga kami tidak bisa menahan keduanya," ujar Asep.

Mantan Kapolres Kampar itu juga menjelaskan, sebelum kedua oknum pejabat Pemkab Rohil tersebut digerebek di salah satu hotel mewah di Pekanbaru pada Kamis malam, pihaknya secara bersamaan sedang melakukan upaya penyelidikan kasus prostitusi online yang sedang marak Pekanbaru.

Namun tanpa diduga lanjut Asep, pihaknya mendapat informasi dari masyarakat bahwa di salah hotel kota Pekanbaru, terdapat dua pejabat Pemkab Rohil, yang diduga melakukan perbuatan asusila di hotel tersebut, sehingga salah satu timnya melakukan upaya penggerebekan di salah satu kamar hotel tersebut.

"Setelah kami amankan, benar ada kedua oknum pejabat tersebut di dalam kamar hotel tersebut. Sehingga kami lakukan pengamanan dan dibawa ke Polda Riau, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ulas Asep.

Kemudian sebut Asep, setelah pihaknya melakukan pemeriksaan, pihaknya tidak bisa melakuka penahanan lebih lanjut, karena delik aduan dari kedua keluarga terduga belum ada yang membuat laporan atas dugaan kasus tersebut.

"Setelah kami lakukan klarifikasi terhadap kedua keluarga oknum tersebut, mereka tidak melakukan upaya delik hukum, sehingga kami tidak melanjutkan proses hukum dan kami pulangkan," pungkas Kombes Pol Asep meyakinkan.

Seperti diberitakan, Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) Sulaiman, digerebek saat berduaan dengan seorang wanita yang bukan istrinya dalam kamar Hotel Premiere Kota Pekanbaru pada Kamis (25/5) malam.

Sulaiman terjaring operasi yang dilakukan Direktorat Reskrimum Polda Riau. Dia tak bisa berbuat banyak saat diamankan Tim Ditreskrimum saat itu.

Kemudian petugas membawa Sulaiman dan wanita yang bersamanya ke Mapolda Riau, guna dimintai keterangan lebih lanjut.

"Iya benar (Wabup Rohil) dengan seorang wanita di kamar hotel. Kami lagi operasi hunting, ketemu sama itu di dalam kamar salah satu hotel," kata Direktur Reskrimum Polda Riau Kombes Asep Darmawan, Jumat (26/5).

Asep menyebut anggotanya tak sengaja memergoki sang wakil bupati bersama teman wanitanya itu di kamar hotel. Setelah memeriksa keduanya, Asep pun memastikan mereka bukan pasangan suami istri. Namun belum diketahui soal alasan keduanya menginap di sana.

"Sudah kita amankan. Yang jelas keduanya bukan pasangan suami istri, nanti detail disampaikan oleh Kabid Humas ya," pungkas Asep saat itu.***