Datuk H. Said Syarifuddin Berikan Pengarahan Saat Musda LMR Inhil

 




SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHAN, - 'Tak kan melayu Hilang di bumi, Bumi bertuah Negeri beradat', petuah yang penuh pesan moril ini disampaikan Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMRL Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H. Said Syarifuddin saat memberikan pengarahan ataupun sambutannya dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-II Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Laskar Melayu Riau (LMR) Kabupaten Inhil, Kamis (28/10/2021). 


Petuah dari tokoh melayu yang melegenda, Hang Tuah yang disampaikan Ketua LAMR Inhil ini dimaksudkan agar seluruh jajaran pengurus DPD LMR senantiasa menjaga nilai - nilai kemelayuan, adat dan tradisi melayu, khususnya di 'Bumi Sri Gemilang'. 


"Kehadiran LMR patut disyukuri karena diyakini akan memberikan dampak positif terhadap eksistensi melayu itu sendiri," ujar Said Syarifuddin dalam sambutannya pada acara yang berpusat di Balai Adat LAMR Inhil.  


Disamping itu, ia juga keberadaan LMR Kabupaten Inhil juga akan mampu memberikan motivasi bagi generasi muda melayu dan mengantisipasi potensi konflik horizontal di tengah masyarakat yang heterogen. 


"Motivasi bagi generasi muda tersebut merupakan upaya menjaga tradisi melayu yang identik dengan Islam. Begitu pula dengan upaya menjaga keharmonisan antar suku, etnis yang beragam di Kabupaten Inhil," pungkasnya 


Keyakinan Ketua LAMR Inhil terhadap peran LMR sebagai patron nilai - nilai kemelayuan di kalangan generasi muda melayu dilatarbelakangi oleh proses akulturasi budaya barat di era globalisasi ini yang tanpa disadari telah diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. 


Terakhir, H. Said Syarifuddin berpesan agar keberadaan LMR Kabupaten Inhil dapat memberikan kontribusi terhadap eksplorasi potensi daerah, seperti dari perkebunan dan perikanan. Selain itu, diharapkan pula dapat senantiasa menjalin hubungan baik dengan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Inhil. 


Dalam kesempatan ini juga, Ketua LAMR Inhil, Datuk H. Said Syarifuddin mengajak seluruh peserta Musda ke-2 LMR Inhil dan undangan yang hadir untuk memberikan doa kepada Ketua LMR Inhil yang pertama yaitu Datuk Mustafa Tenamal yang telah meninggal dunia. 


Said menceritakan, Bahwa Alhmarhum Datuk Tenamal selain ketua DPD LMR Inhil tetapi beliau juga merupakan Wakil Ketua LAMR Inhil yang sangat-sangat berkomitmen menggerakan organisasi dan menjaga nilai-nilai kemelayuan agar tidak tergerus oleh zaman. 


"Almarhum meninggal sewaktu pulang dari concong, ketika kami mengadakan pelantikan LAMR Inhil Kecamatan Concong, mari kita doakan Almarhum semoga mendapatkan tempat yang layak disisiNYA, Al-Fatihah," imbuh Ketua LAMR Inhil tersebut. 


Sebagai mana diketahui, Dalam Musda ke-II DPD LMR Inhil ini menghasilkan Safri Rahman terpilih sebagai Ketua (Panglima) secara aklamasi.(*)


Prabu 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index