Iven Pacu Jalur Lubuok soboe,Tampilkan Kesenian Khas Tradisi Lokal

 


SERIBUPARITNEWS.COM,Kuansing -Iven Pacu Jalur di Tepian Lubuok Sobae, Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang  akan digelar pada 14-16 Agustus 2022 mendatang, akan menampilkan beberapa kesenian khas tradisi budaya Kuansing.

Seni budaya ini diantaranya meliputi kesenian Randai, tari tradisional, pertandingan layang-layang, rebana, rarak, kotuok-kotuok serta seni budaya lainnya.

"Kesenian ini merupakan budaya khas masyarakat Kecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang serta Kesenian Kuansing pada umumnya," kata Panitia Pacu Jalur Tradisional Ivent Kebudayaan Baserah, Wariman Dw, kepada awak media ini, Senin (08/08/2022).

Selain kesenian, pihaknya juga akan menampilkan Bazar Kuliner khas asli dari Kuansing di beberapa Kecamatan seperti Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Logas Tanah Darat, Inuman serta Pangean.

"Ada juga nanti kerajinan-kerajinan rumah tangga dari UMKM lokal," jelasnya.

Iven Pacu Jalur ini akan dibuka langsung oleh Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby. Pihaknya berharap kepada seluruh peserta pacu jalur untuk tetap menjaga sportifitas di iven olahraga kali ini.

"Kita bangga dengan pergelaran pacu jalur ini karena disini ada nilai-nilai budaya masyarakat Kuansing," terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Kuantan Hilir, AKP H.Yuhelmi, menjelaskan, bahwa dalam rangka mensukseskan iven pacu jalur yang akan diselenggarakan tersebut, pihaknya akan melakukan pengamanan agar acara berlangsung dengan aman dan lancar,"Harapnya

"Kita akan turunkan seluruh personil di Wilkum Mapolsek Kuantan hilir dalam iven pacu jalur yang tinggal beberapa hari lagi," ungkapnya.



Laporan: Ridhomagribi

Berita Lainnya

Index