Lestarikan Budaya Nasional Kompang, Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti Buka Pelatihan Kompang.

Lestarikan Budaya Nasional Kompang, Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti Buka Pelatihan Kompang.

SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan – Sebagai salah satu daerah yang berada di tanah Melayu, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) melaksanakan pelatihan Kompang TH 2023, Senin (5/6/2023)

Pelatihan Kompang yang dipusatkan di Hotel Inhil Pratama Tembilahan diikuti 44 orang dari 20 Kecamatan yang menghadirkan 2 orang Nasumber Maestro Kompang Riau dibuka Wakil Bupati Inhil H.Syamsuddin Uti yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan kompang oleh Wabup yang didampingi Kadis Parporabud.

Perlu diketahui, Kompang adalah salah salah satu alat musik tradisional Melayu. Maka perlu pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan dikembangkan kepada guru serta masyarakat. Mengingat seni kompang ini merupakan warisan kebudaya yang perlu dilestarikan

Dalam arahannya, Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti saat membuka pelatihan mengatakan, bahwa mengingat budaya kompang sebagai warisan budaya melayu harus terus dilestarikan. Untuk itu, diharapkan kepada peserta betul-betul mengikuti pelatihan ini
Beliau juga sangat mendukung kegiatan ini mengingat budaya kompang merupakan kesenian Melayu yang bernafaskan syair Islam.

Pelatihan yang dibuka Wabup H.Syamsuddin Uti ini turut dihadiriKadis Parporabud, Kaban Kesbangpol, LAMR Inhil, Ketua Sanggar Kesenian Inhil, Camat Kesbangpol dan beberapa pejabat eselon dilingkungan Pemkab Inhil.

 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index