Pemerintah Desa Sukaraja, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kuansing, memanfaatkan dana desa untuk budidaya cabai

Pemerintah Desa Sukaraja, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kuansing,  memanfaatkan dana desa untuk budidaya cabai
Kepala Desa Sukaraja Jajang

SERIBUPARITNEWS.COM,Kuansing - Pemerintah Desa Sukaraja, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kuansing,  memanfaatkan dana desa untuk budidaya cabai yang mana bibit juga dibantu Pemda Kuansing.

Salah satu kegiatan prioritas desa ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui program pemanfaatan lahan desa.

Selain pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, program ini juga untuk membantu meningkatkan perekonomian petani.

Kepala Desa Sukaraja, Jajang mengatakan, dengan dana desa tersebut Pemdes bersama Kelompok Tani setempat berinisiatif memanfaatkan lahan yang tidak priduktif untuk ditanami cabai.

"Kami bersama Kelompok Tani Gia mengawali dengan menanam sebanyak 12 ribu bibit cabai yang ditanam pada lahan milik desa di dua lokasi berbeda. Untuk pengerjaan dan pengelolaan dilakukan oleh kelompok tania," kata Jajang, Selasa (30/05/2023).

Dijelaskan Jajang pemanfaatan dana desa tersebut sangatlah efektif. Karena, dari hasil yang didapat nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomian kelompok dan pendapatan desa.

"Jadi dananya tidak hanya habis untuk infrastruktur saja. Namun bisa berkelanjutan yang dampaknya pun dapat meningkatkan ketahanan pangan. Seperti halnya program dari pemerintah. Dan tahun ini kita juga ada membangun WC di Sekolah MDA serta pengerasan jalan usaha tani," ujarnya.

Dikatakan pria yang akrab disapa Kang Jajang ini, program ketahanan pangan menanam cabai ini memberdayakan Kelompok Gia Tani secara langsung. Selain itu hasil panen juga dijual kepada masyarakat dan kepasar.

"Program ketahanan pangan ini dikelola langsung oleh Pemerintah Desa bersama kelompok Tani sebanyak 5 orang," tuturnya.

"Tak lama lagi memasuki masa panen setelah beberapa bulan tanam, Ini juga salah satu program penurunan kemiskinan ekstrim, Kalau Untuk masyarakat penerima BLT ada 24 KPM" ungkapnya.

Jajang yang juga dikenal ramah itu menyebutkan, program tersebut merupakan anjuran pemerintah pusat yang meminta aparatur desa memperkuat ketahanan pangan di wilayah. Upaya tersebut sekaligus dapat mengatasi  inflasi di daerah.

"Jika ini nanti berhasil dengan hasil panen yang maksimal, maka ini akan lebih di kembangkan lagi," ucapnya.

Ia berharap Kepada Kelompok Tani Gia dibawah naungan Pemdes Sukaraja bisa memanfaatkan lahan-lahan yang kosong sehingga dapat meningkatkan pendapatan. (R.Magribi)

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index