Musrenbangdes Sialang Panjang Hadirkan 5 Poin Prioritas

Musrenbangdes Sialang Panjang Hadirkan 5 Poin Prioritas

SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHANHULU - Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu prioritaskan pembangunan jalan Pramuka yang merupakan jalan akses penting menuju Kota Tembilahan.

Musrenbangdes Sialang Panjang untuk Tahun Anggaran 2024 yang dilaksanakan di lapangan upacara pasar Parit 4 Desa Sialang Panjang, Jumat (28/1/2023) ini dihadiri Camat Tembilahan yang diwakili Sekretaris Camat M. Junaidi, TA-PM Inhil Siti Aisyah, Pendamping Desa P3MD dan DMIJ, Kepala Desa beserta staf, Ketua BPD dan Ketua LPM.

Ada 5 usulan prioritas yang disepakati langsung oleh RT, RW, Kadus, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, dan Masyarakat Desa Sialang Panjang  yang hadir pada kegiatan Musrenbang tersebut.

Selain peningkatan Jalan Pramuka dengan volume 6 KM, masyarakat desa juga memprioritaskan pembangunan dermaga pasar desa, pembangunan Kantor Desa Jembatan Parit 1 (satu) dan peningkatan Jalan Lintas Tempuling-Mandah sepanjang 15 Km.

"Tahun ini masyarakat desa Sialang Panjang prioritaskan permohonan pembangunan jalan yang dapat menghubungkan jalur transportasi perekonomian masyarakat yaitu Jalan Pramuka," kata M. Juber, Kepala Desa Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu ini dalam sambutannya.

Ia berharap, 5 poin prioritas ini dapat menjadi perhatian serius dari Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir. 

"Khusus untuk kantor desa kita juga masukkan dalam prioritas karena memang perlu adanya tata pelayanan dan sinkronisasi data. Kalau menajamen kita lemah tentunya kinerja juga kurang maksimal," tambah M. Juber.

Musrenbang tingkat desa ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan menampung usulan masyarakat dan kemudian Pemerintah Desa memprioritaskan mana usulan yang betul- betul diaggap penting dan menjadi kebutuhan prioritas masyarakat.

"Musrenbang yang dilaksanakan ini penting  karena salah satu syarat pembangunan di desa yaitu harus melalui usulan dalam kegiatan Musrenbangdes dan kemudian dilanjutkan di Musrenbang Kecamatan hingga Kabupaten,"  tambah M. Juber dalam sambutannya.

Melalui Musrenbangdes ini juga ia berharap kepada masyarakat agar setiap usulan yang sampaikan harus disertakan dengan proposal. Begitu juga untuk permohonan bantuan juga harus ada nama kelompok atau data penerimanya, supaya jelas sasaran dan arah bantuan tersebut.

Source : Indovizka.com

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index