Festival Kuliner Dan Bazar UMKM Secara Resmi Ditutup

Festival Kuliner Dan Bazar UMKM Secara Resmi Ditutup

SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan, - Festival Kuliner dan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditaja oleh Dinas Koperasi dan UKM Inhil bersama Universitas Islam Indragiri (Unisi) Tembilahan secara resmi ditutup, Senin  (05/12).


Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut ini secara resmi ditutup Kadis Koperasi dan UKM Inhil Ir H Illyanto MT mewakili Bupati Inhil HM Wardan.


Dalam kesempatan tersebut dihadiri  langsung oleh Sekretaris Dinas dan jajaran Diskop UKM Inhil, Wakil Rektor Unisi, perwakilan TP PKK Inhil, Dekan Fekon Unisi, Kaprodi Manajemen Fekon Unisi, pimpinan Bank serta pelaku Bazar UMKM dan peserta festival kuliner.


Mewakili Panitia Pelaksana, Feri Irawan SE MSi yang juga Sekretaris Diskop dan UKM Inhil mengapresiasi terhadap tingginya jumlah pengunjung stand dan peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.


"Terima kasih peserta yang aktif mengikuti kegiatan, Bupati Inhil yang mendukung kegiatan ini, pihak-pihak lain yang memberikan support baik materil maupun moril," ungkap Feri Irawan pada Sabtu (19/11/22) lalu 


Senada juga dengan Wakil Rektor I Unisi, Gunawan Syahrantau SE MM berharap semoga acara seperti ini akan terus berlangsung pada tahun berikutnya sebab melihat antusiasme pelaku UMKM yang jika tidak dibatasi masih banyak UMKM yang ingin ikut berpartisipasi.


"Tapi karena keterbatasan tempat dan tenda sehingga hanya 50 yang terakomodir. Selamat kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi, Mohon maaf apabila dalam kegiatan ada kekurangan dan kehilafan," tambahnya.


Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan diwakili Kadis Koperasi dan UKM Inhil Ir H Illyanto MT menjelaskan jika kegiatan ini tentunya diawali dengan perjanjian kerjasama antara Diskop dan Prodi Manajemen Unisi dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Pemkab Inhil dan Unisi.


"Jangan berpuas hati dengan selesainya acara ini, perlu diskusi dan komitmen lagi sehingga bisa dilanjutkan untuk kedepannya. Saya yakin kalau kita bersama maka akan ada ide dan inovasi yang tercipta," jelas Kadis Koperasi dan UKM Inhil.


Dilanjutkan Ir H Illyanto MT bahwa jika para pelaku UMKM yang sudah ada saat ini dapat difasilitasi marketnya dari Koperasi maka untuk kedepannya UMKM akan lebih cepat berkembang.


"Hari ini mungkin BEM Unisi bisa menjadi motor penggerak berdirinya koperasi Mahasiswa. Kedepannya kita coba soundingkan para pelaku UMKM dengan koperasi, bahkan salah satu Koperasi sudah berkomitmen dengan kita akan siap membantu terkait pemasaran," lanjutnya.


Namun demikian, Illyanto berharap agar pemilik UMKM berperan aktif dalam melengkapi persyaratan yang ada sehingga saat market sudah tersedia maka akan mudah merealisasikannya.


"Cuma permasalahannya produk UMKM kita beberapa persyaratannya belum dipenuhi, seperti BPOM, sertifikat halal dan lainnya. Nah saat ini Dinas Koperasi dan UKM Inhil sampai dengan Desember 2022 nanti akan memfasilitasi untuk pembuatan label halal, silahkan manfaatkan fasilitas ini, gratis tidak dipungut Biaya," Tutupnya 


Dalam penutupan kegiatan tersebut juga diumumkan beberapa pemenang lomba oleh Panitia Pelaksana yaitu :


1. Lomba Karoke

Juara 3 Prasetyawati

Juara 2 Bima Zikra

Juara 1 Aulia Ramadhani


2. Lomba Kreasi Mahasiswa Unisi

Juara 3 Manajemen 1A

Juara 2 Manajemen 5D

Juara 1 Manajemen 5C


3. Lomba Festival Kuliner : 

Harapan 3 Dodol Nipah

Harapan 2 Lempeng Kelapa

Harapan 1 Keripik Jantung Pisang


Juara 3 Keroket Kelapa

Juara 2 Perkedel Kelapa

Juara 1 Keripik Kelapa 3 Serangkai 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index