Peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-77

Peringatan Hari Juang  TNI Angkatan Darat ke-77

SERIBUPARITNEWS.COM,PEKANBARU - Sempena Hari Juang ke 77 TNI AD, Korem 031/WB, menggelar upacara peringatan Hari Juang TNI-AD , hari lahir TNI Angkatan Darat (AD)

Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, S.A.P, sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan itu membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI DR. Dudung Abdurachman,S.E.,M.M.

Peserta upacara terdiri dari anggota TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS),Ormas dan Pramuka.

Peringatan Hari Juang  TNI Angkatan Darat diperingati setiap tanggal 15 Desember  Hari Juang TNI-AD, sekilas mengenai Hari Juang TNI-AD, dilatarbelakangi oleh sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indaonesia dalam
Pertempuran Ambarawa berawal ketika pasukan sekutu di bawah pimpinan Brigjen Bethel mendarat di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1945. Dalam perjalanannya menuju Magelang dan Ambarawa itu, pasukan sekutu membuat kerusuhan. Masyarakat Indonesia pun memblokade dan menyerang mereka.

Pada 2 November 1945, Sukarno dan Brigjen Bethel melakukan perundingan gencatan senjata. Namun sekutu mengingkari perjanjian itu sehingga pecahlah pertempuran 20 November 1945 yang menjalar ke dalam kota pada 22 November 1945.

Bala tentara sekutu melakukan pemboman ke pedalaman Ambarawa untuk mengancam kedudukan TKR. Pada 26 November 1945 terjadi pertempuran yang menewaskan Kolonel Isdiman yang digantikan oleh Kolonel Soedirman.

Tewasnya Kolonel Isdiman mendorong rakyat dan TKR gencar melakukan serangan balik. Di bawah pimpinan Kolonel Soedirman, pada 11 November 1945, pertempuran pun berlanjut selama berhari-hari. Pertempuran berakhir dengan kemenangan TKR pada 15 Desember 1945.

Pertempuran tersebut kemudian dikukuhkan dalam pasukan tempur darat utama di TNI Angkatan Darat. Melalui TNI, maka setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai *Hari Juang Kartika TNI AD* atau Hari Infanteri yang menggambarkan kekuatan NKRI. 
Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dalam peringatan tahun ini mengambil tema “TNI Angkatan Darat di hati rakyat ”.
Untuk mengenang peristiwa yang telah terjadi, Pemerintah Prov.Riau  menyampaikan ucapan Dirgahayu Hari Juang Kartika TNI-AD. Semoga TNI-AD bersama rakyat dapat membangun bangsa Indonesia.

Adapun pejabat yang hadir dalam acara tersebut; 
Gubenur Riau (Drs H. Syamsuar ), Wakil Gubenur ( Edi natar nastion ),Waka Polda Riau ( Brigjen Pol Tabana Bangun, M.Si ),Danlanud Marsma TNI Ian Fuady, Kasrem  031/WB ( Kolonel Inf.Habzen Sianturi ), Dalanal Paskal Kolonel laut Stanlay lakahena, Kajati Dr. Supardi SH. MH, Kapolresta pekanbaru Kombes Pol Dr. Priya Budi,Para Kasi Kasrem 031/WB, Para Dandim sejajaran Korem 031/WB, PJ. Walikota Pekanbaru ( Muflihun, S.STP.,M.AP ), Kadispora Prov.Riau ( Boby Rachmat, S.STP, M.Si ), Kadishub Kota Pekanbaru ( Yuliarso , S.STP, M.Si ), Kasat Pol PP Kota Pekanbaru ( Iwan Simatupang, AP, S.Sos. M.Si )

Peringatan Hari Juang TNI-AD Korem 031/WB diwarnai dengan berbagai acara, di antaranya Terjun payung dari Paskhas Au,Pawai kendaraan Alutsista dan Komunitas Kendaran Jeep,Motor dan Sepeda Ontel.(Pen 031)

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Berita Militer

Index

Berita Lainnya

Index