Terima Kunjungan Konsulat Malaysia, Bupati Rezita Kenalkan Potensi Wisata

Terima Kunjungan Konsulat Malaysia, Bupati Rezita Kenalkan Potensi Wisata

SERIBUPARITNEWS.COM,INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi, SE terus mengupayakan kemajuan dunia pariwisata yang ada di Kabupaten Inhu. Salah satunya melalui upaya promosi.

Saat menerima kunjungan Konsulat Malaysia Pekanbaru, Wan Nurshima Wan Jusoh, Rezita tak melewatkan kesempatan untuk kenalkan potensi wisata mulai dari wisata alam, sejarah, budaya dan kuliner Kabupaten Inhu.

Apalagi, saat ini pemerintah daerah tengah gencar-gencarnya mendorong kemajuan pariwisata yang ada di Inhu. Sehingga, dari pertemuan ini diharapkan akan ada kolaborasi antara kedua pihak.

"Kabupaten Inhu punya beragam destinasi wisata. Salah satunya wisata sejarah yakni makam para raja yang jika telisik masih ada silsilah kekerabatan dengan kesultanan Malaysia," ungkap Rezita.

Selain wisata sejarah, lanjut Rezita Kabupaten Inhu juga punya beragam destinasi wisata salah satunya Danau Raja yang punya keunikan berada di tengah kota.

"Semoga, pertemuan ini jadi pintu masuk kedepan terkait kerjasama dengan Malaysia. Apalagi jika melihat dari silsilah keluarga raja dengan kesultanan malaysia," ujar Bupati.

Dalam perbincangan itu, sajian kudapan khas Inhu bolu berendam, kue qasidah dan kerupuk bawang ikut dicicipi Wan Nurshima.

Wan Nurshima juga mengaku kagum dengan wisata di Inhu yang dinilainya sangat potensial untuk kedepannya dijalin kerjasama.

Apalagi, kata Nurshima terkait sejarah adanya silsilah kekerabatan antara raja di Indragiri dengan kesultanan di Malaysia.

"Warga kami sangat suka tentang sejarah. Saya yakin jika warga masyarakat kami tau dengan informasi itu, akan banyak datang kesini," ujar Wan Nurshima.

Dari laporan Kadisporasata Atan SP bahwa respon positif diperoleh dari keikutsertaan Kabupaten Inhu dalam pameran wisata Riau di Malaka.

Ketertarikan itu atas respon positif Menteri Pelancongan Melaka, Warisan dan Kebudayaan Negeri Melaka, Datuk Muhammad Jailani Bin Khamis terhadap produk kreatif dari Riau.

Seperti diketahui, kedatangan Wan Nurshima di Inhu menjadi bagian dari agenda kunjungan kerjanya ke kabupaten di Riau untuk menjalin silaturahmi bersama para pimpinan daerah.

Wan Nurshima datang dengan didampingi wakilnya Awaludin Nasir dan beberapa staf Konsulat Malaysia.

Selain sektor pariwisata, Wan Nurshima juga membuka peluang beasiswa pendidikan bagi putra putri Kabupaten Inhu. Program beasiswa itu diperuntukkan untuk tingkatan S1 dan S2.

Tak hanya program beasiswa pendidikan, Nurshima juga membuka kesempatan bagi para pegawai pemrintah daerah mengikuti program pelatihan. Termasuk pelatihan bidang sumber daya manusia, pengendalian bencana dan lainnya.

"Semuanya diendors oleh Setneg dan dari kami. Kedepan jika jadwal tahun 2023 telah keluar akan diinfokan. Jadi jika ada berminat silahkan," terangnya.

Diakhir pertemuan, Bupati Rezita dan Konsulat Malaysia saling bertukar cenderamata. Bupati Rezita memberikan plakat, batik Seroja dan oleh-oleh cemilan khas Inhu. Sedangkan Wan Nurshima Wan Jusoh memberikan Batik Trengganu dan plakat.**rls

Ket foto: Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, SE saat terima kunjungan Konsulat Malaysia 

Penulis : Ramadhan UKW Madya

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index