H. Muhammad Wardan Buka Bimtek Penyuluh dan Petani

H. Muhammad Wardan Buka Bimtek Penyuluh dan Petani

SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. Muhammad Wardan, MP membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Penyuluh dan Petani Kabupaten Inhil disalah satu Hotel yang ada di Tembilahan, Senin (28/11/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DPTPHP) Kabupaten Inhil ini diikuti oleh 100 orang peserta terdiri dari penyuluh berjumlah 43 orang dan petani sebanyak 57 orang dari 20 Kecamatan se Kabupaten Inhil.

Hadir juga dalam kesempatan, Kadis PTPHP Inhil beserta jajaran, Kadis Perkebunan diwakili, Narasumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Riau, Narasumber dari UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, serta seluruh Kordinator Penyuluh Pertanian se Kabupaten Inhil.

Kadis PTPHP Inhil H. Fajar Husin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar para peserta mampu menggali ilmu yang diberikan pemateri untuk diterapkan sehingga produksi padi di Inhil dapat meningkat sesuai yang diharapkan Bupati.

Sementara itu, Bupati H. Muhammad Wardan dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Indragiri Hilir adalah merupakan wilayah yang dikenal sebagai lumbung pangan di Provinsi Riau.

Dikatakannya, pada tahun 2021, jumlah produksi padi di Kabupaten Inhil adalah 65.755,10 ton dengan produktivitas 4,2 Ton/Ha. Jumlah produksi beras sebanyak  37.737,13 ton dengan jumlah konsumsi beras masyarakat adalah sebanyak 65.287,17 ton.

Hal ini berarti bahwa terdapat kekurangan beras sebanyak 27.550,04 ton yang harus dipenuhi dari luar Kabupaten Inhil. Angka konsumsi beras yang tinggi tidak berbanding lurus dengan angka produksi padi sehingga pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap ketahanan pangan daerah.

Dijelaskan Bupati, untuk menyikapi hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas PTPHP perlu mengambil langkah-langkah strategis agar pemenuhan kebutuhan pangan daerah khususnya beras tetap terjaga dan tercukupi dengan baik.

"Untuk itu saya mengharapkan Dinas PTPHP Kabupaten Inhil mesti serius dalam menhadapi kondisi tersebut, sehingga program-program kegiatan mesti difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia penyuluh dan petani  penggunaan benih unggul bermutu, pengendalian OPT secara terpadu untuk keberlangsungan produksi tanaman pangan dalam rangka mendukung ketersediaan pangan daerah," tutup Bupati

Dalam kesempatan juga dilaksanakan peresmian lumbung pangam masyarakat dan penyerahan gabah 8 ton ke Gapoktan Rahmat Desa Kayu Raja Kecamatan Keritang.

 

Sumber : Humas dan Protokoler 

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index