Luar Biasa, Perwakilan Indramayu Raih Penghargaan Dalam Festival Literasi Digital Jabar 2022

Luar Biasa, Perwakilan Indramayu Raih Penghargaan Dalam Festival Literasi Digital Jabar 2022

SERIBUPARITNEWS.COM,Indramayu - Kabar menggembirakan datang dari acara Festival Literasi Digital (Viral) Jawa Barat 2022. Perwakilan dari Kabupaten Indramayu berhasil meraih beberapa penghargaan.

Festival Literasi Digital (Viral) 2022 merupakan salah satu acara dalam rangkaian Road to West Java Festival 2023. Tujuannya adalah untuk meningkatkan literasi digital kepada semua masyarakat Jawa Barat.

Penganugerahan penghargaan Viral 2022 diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Sabtu (8/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah, Sekda Provinsi Jabar yang diwakili oleh Asisten Daerah Bidang Administrasi Setda Jabar Ferry Sofwan Arif, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Jabar Wahyu Wijaya serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ika Mardiah mengatakan, Pemerintah Provinsi Jabar terus melakukan berbagai upaya untuk peningkatan literasi digital pada masyarakat. Salah satunya adalah dengan dibentuknya Jabar Saber Hoaks. Unit kerja tersebut bertugas selain menerima pengaduan masyarakat juga melakukan klarifikasi.

Selain itu, bertugas juga untuk melakukan pemahaman literasi kepada masyarakat agar dapat lebih kritis dan memahami penggunaan internet secara sehat serta pemanfaatannya untuk dapat meningkatkan produktivitas.

“Pemrov Jabar melalui Diskominfo Jabar membangun Jabar Saber Hoaks Untuk mengedukasi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Ferry Sofwan. Dirinya menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jabar terus mendorong upaya-upaya untuk transformasi Jabar menjadi Digital Province dimana salah satunya adalah peningkatan literasi digital pada masyarakat selain dari aspek pemerintahan yang saat ini diupayakan dapat diterapkan pada semua wilayah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Ferry menambahkan, upaya tersebut juga mendorong masyarakat dapat memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan produktivitas baik itu untuk penggunaan sehari-hari maupun dalam mencari penghasilan (Online marketing). Harapannya adalah masyarakat di desa maupun di kota dapat bersama-sama memanfaatkan digitalisasi secara maksimal.

Selanjutnya Ferry juga menjelaskan, saat ini Jabar memiliki unit kerja khusus yang bertugas untuk mengelola digitalisasi berbagai kepentingan seperti pemerintahan dan kepentingan lainnya yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat yang disebut Jabar Digital Service. Unit ini juga bertugas memberikan pelatihan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dalam penggunaan internet dan digitalisasi.

Untuk mengapresiasi masyarakat yang berperan aktif dalam digitalisasi serta tokoh literasi digital, Pemerintah Provinsi Jabar memberikan penghargaan yang terdiri dari berbagai kategori.

Indramayu patut berbangga, karena berhasil memperoleh beberapa penghargaan diantaranya adalah Desa Terpilih pada Sayembara Desa Digital Perikanan Tahun 2022 yang diraih Desa Malang Semirang dan Desa Jatibarang Baru. Pembudidaya Ikan Terpilih diraih Kristian asal Desa Jatibarang Baru. Sedangkan untuk kategori Konten Komunikasi Publik Terupdate pada Relawan TIK Award 2022 diraih oleh Relawan TIK Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diwakili oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana serta didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Agus Muttaqien turut hadir dalam acara tersebut.

Aan menyampaikan, dirinya sangat senang perwakilan Indramayu bisa membawa pulang penghargaan dan berharap semoga dengan adanya hal tersebut dapat menjadi motivasi untuk peningkatan digitalisasi di Indramayu serta mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor di Indramayu.

“Alhamdulillah, semoga bisa jadi semangat untuk lebih meningkatkan kemampuan dan implementasi digital di berbagai bidang guna mewujudkan Indramayu Bermartabat,” ungkapnya.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama Cisco’s Country Digital Acceleration oleh Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi dan Kerjasama Universitas Telkom Rina Puji Astuti, Kepala Diskominfo Provinsi Jabar Ika Mardiah, Kepala Diskominfo Kabupaten Garut Muksin, Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Pangandaran Jaja Nurulhuda, Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan, serta Kepala Diskominfo Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana sebagai bentuk dukungan program-program digitalisasi di Jawa Barat.( Arrie tharina .d)

Sumber : Menaratoday.com

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index