Kepala BPS Sebut Kota Tembilahan Alami Inflasi Sebesar 0,89 Persen

Kepala BPS Sebut Kota Tembilahan Alami Inflasi Sebesar 0,89 Persen

SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri hilir (Inhil )gelar Press Release BRS Inflasi Kota Tembilahan yang dilaksanakan di aula Kantor Bappeda Inhil Jl Akasia no 02 Kompleks perkantoran Bupati Inhil, Senin (3/10/2022).

Selaku kepala BPS inhil, Sudiro S.St, M.Si,. menyampaikan, tentunya Statistik harga khususnya statistik harga konsumen yang dikumpulkan dalam rangka penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK) Penghitungan IHK ditujukan untuk mengetahui perubahan harga dari sekelompok barang/jasa yang umumnya dikonsumsi masyarakat.

"Perubahan IHK dari waktu ke waktu menggambarkan tingkat kenaikan (inflasi) atau tingkat penurunan (deflasi) dari barang/jasa kebutuhan rumah tangga sehari-hari," ujar Kepala BPS inhil Sudiro S.St, M.Si.

Pada bulan September 2022, Kota Tembilahan mengalami Inflasi sebesar 0,89 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 112,09. Tingkat inflasi tahun kalender September 2022 sebesar 4,35 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (September 2022 terhadap September 2021) sebesar 5,39 persen.

"Inflasi ini terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh meningkatnya sebagian indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,05 persen; terutama yang lebih adalah transfortasi sebesar 0,74 persen," katanya Kepala BPS inhil Sudiro S.St, M.Si.

Tentunya Indeks Harga Konsumen/Inflasi Menurut Kelompok berbeda beda sehingga perkembangan harga berbagai komoditas pada September 2022 secara umum menunjukkan adanya kenaikan.

" Berdasarkan hasil pemantauan BPS Kabupaten Indragiri Hilir, pada bulan September 2022 di Kota Tembilahan mengalami Inflasi sebesar 0,89 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 112,09. Tingkat inflasi tahun kalender September 2022 sebesar 4,35 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (September 2022 terhadap September 2021) sebesar 5,39 persen," Tuturnya Kepala BPS inhil Sudiro S.St, M.Si.

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index