AHMAD EPENDI ; Dibawah Kepak Sayap Garuda,Aktualisasi Nilai Kesaktian Pancasila

AHMAD EPENDI ; Dibawah Kepak Sayap Garuda,Aktualisasi Nilai Kesaktian Pancasila

SERIBUPARITNEWS.COM,Pancasila adalah warisan jenius Nusantara yang tumbuh dari rintisan gagasan intelektual yang digali dari tanah air. Ini merupakan refleksi semangat jiwa untuk mendesain kehidupan yang bermoral dan bermartabat.

Pancasila merupakan titik temu berbagai ideologi yang mengikat bangsa Indonesia dalam satu simpul kekeluargaan dan dalam satu semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Meski demikian, ideologi Pancasila saat ini belum dapat dijiwai sebagai falsafah dan keselamatan berbangsa dan bernegara.

Bisa dilihat, Bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi "krisis"dan tantangan. Salah satu tantangan tersebut adalah nilai – nilai Pancasila sepertinya "sudah tidak dijadikan sumber etika" dalam berbangsa dan bernegara oleh sebagian oknum masyarakat dan segelintir oknum aparat,oknum pejabat dan oknum yang memiliki jabatan sebagai petinggi di Republik ini,baik oknum tersebut berada di lembaga Eksekutif,Legislatif maupun Yudikatif.

Salah satu Perbuatan yang menciderai Nilai-nilai luhur Pancasila tersebut ialah,tindakan tidak amanah menjalankan Jabatannya.

Pancasila harus senantiasa hadir dalam institusi pendidikan baik formal maupun nonformal.

Memperkuat besic Pengenalan dan pengayaan Pendidikan Moral Pancasila untuk generasi emas Bangsa menjadi hal yang wajib diterapkan dalam dunia Pendidikan kita saat ini.

Realese : PPID Desa Sungai Intan

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index