Perhatikan dan simak materi baik baik, Pesan Mayor Inf. Untung Kusmanto



seribuparitnews.com BATANGTUAKA,- Setelah dibuka secara resmi sosialisasi pengolahan sabut Kelapa oleh Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal melalui Kasdim 0314/Inhil Mayor Inf Untung Kusmanto, acara sosialisasi dilanjutkan dengan sesi praktek materi oleh penyuluh bapak Luki yang dikenal dengan sebutan Raja Sepet atau raja sabut yang sengaja di datangkan dari Lampung.

Sebelum praktik Kasdim 0314/Inhil Mayor Inf Untung Kusmanto berharap masyarakat agar betul-betul memperhatikan dan menyimak materi yang disampaikan dan di praktekan oleh penyuluh agar dapat bermanfaat dan dapat di tularkan kepada masyarakat lainya.

Raja Sepet mengatakan sabut Kelapa banyak sekali manfaatnya jika kita mau mengolahnya, seperti berguna untuk media tanam, sapu, karung, tali tambang, bahkan berguna untuk menahan abrasi laut atau untuk erosi tanah.

"Salah satunya serabut panjang dari sabut bisa di olah menjadi sapu dan tali tambang. Sedangkan serabut pendeknya bisa di modifikasi menjadi pot dan diolah menjadi bahan untuk membuat kasur," beber Raja Sepet.

Ia sangat bersemangat sekali dalam menyampaikan materi dan mempraktikannya, karena serabut kelapa akan menjadi primadona di dunia, dikarenakan di Mancanegara Eropa tidak memiliki bahan serabut Kelapa seperti yang di miliki Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

"Kita bisa menjajah negara lain dari sabut Kelapa ini. Ayo kita kembangkan dan tingkatkan perekonomian kita dengan menggali potensi bahan yang berlimpah dari daerah kita, bergerak jangan malas dan harus tetap berjuang demi kemajuan ekonomi daerah kita," katanya bersemangat.

Tampak Ia mempraktekkan cara mengolah sabut kelapa tersebut dengan menggunakan mesin. Diketahui satu mesin bisa meraup lima tenaga kerja. Ia juga bercita-cita dapat membudidayakan pohon Vanili dengan media tanam dari sabut di Wilayah Kabupaten Inhil ini.

"saya harap dinas terkait turut mendorong masyarakat agar mau bergerak menjadi indonesia makmur," ujarnya sambil mempraktekan cara mengolah sabut Kelapa.

Pewarta : Prabu Suryadhana

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index