Gubernur Riau Meresmikan 7 Desa Berlistrik di Kabupaten Inhil,Melalui Video Conference

 


SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHAN - Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar, M.Si meresmikan sebanyak 8 desa besrlisrik di Provinsi Riau melalui Video Conference (Vidcon), Minggu (16/8).


Sebanyak 7 diantaranya merupakan desa berlistrik di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).


Manager PT PLN (Persero) UP3 Rengat, Erwin Gunawan turut hadir mengikuti vidcon Gubri mendampingi Bupati Inhil HM Wardan di Kantor Diskominfo Pers Kabupaten Inhil.


Desa berlistrik di Kabupaten Inhil tahun 2020 yang diresmikan oleh Gubri tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Inhil, antara lain, yaitu, Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah, Desa Sari Mulia Kecamatan Kateman, Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah, Desa Air Tawar Kecamatan Kateman, Desa Sungai Laut Kecamatan Tanah Merah, Desa Sungai Bela Kecamatan Kuala Indragiri, dan Desa Sungai Buluh Kecamatan Kuala Indragiri.


Dari total sebanyak 236 jumlah desa di Kabupaten Inhil, pada tahun 2020 sejak Januari hingga Juli ada 4 desa yang telah dinyalakan, kemudian 18 desa yang dinyalakan sejak Januari – Agustus 2020.


Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP mengucapkan terimakasih atas peresmian desa berlistrik tersebut dan siap mendukung program PT PLN Persero.


“Kami dari Pemerintah Kabupaten Inhil bersama-sama masyarakat tentunya siap mendukung dan mendampingi program dari PT PLN Persero yang tadi sudah menargetkan di akhir tahun 2020 ini sudah akan menuntaskan semua desa-desa teraliri listrik,” ujar Bupati.


Menurut Bupati Inhil, terdapat beberapa desa yang sudah dipasang tiang namun belum dapat di aliri listrik karena kendala pohon kelapa masyarakat yang dikhawatirkan berbahaya, sehingga masyarakat enggan menghibahkan pohon-pohon kelapa tersebut.


"Kami membantu PLN untuk bernego dengan masyarakat, kami bersama Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, dan Camat agar ini tidak menimbulkan masalah lagi di Kabupaten Inhil,” pungkasnya.


Lebih lanjut Manager PT PLN (Persero) UP3 Rengat, Erwin Gunawan mewakili wilayah Riau dan Kepri mengucapkan banyak terimakasih kepada forkopimda inhil beserta masyarakat atas dukungan partisipasinya kepada PLN yang telah mendukung khususnya di Inhil. 


“Ini merupakan amanah kami untuk menjalankan amanah di Inhil. Meskipun tantangan kelistrikan di Inhil sangat luar biasa, banyak rintangan yang perlu kami tuntaskan, itu bisa diselesaikan oleh seluruh unsur, termasuk salah satunya teman – teman media,” ungkapnya usai Vidcon.


Lebih rinci Erwin menuturkan, dari sebanyak 236 desa yang ada di Inhil saat ini sebanyak 208 sudah berlistrik, selanjutnya PLN optimis mentuntaskan pekerjaan desa yang belum berlistrik sebelum akhir tahun ini.


“Terimakasih kepada bupati dan semua unsur beserta media, ini memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia bersama pak gubernur, bapak direktur dari pemerintah pusat,” imbuhnya.


Dalam momen HUT ke 75 RI ini juga, Erwin menargetkan listrik harus bisa masuk ke semua desa di Kabupaten Inhil, terutama listrik harus bisa masuk desa tertinggal, terpencil, terluar (3 T).


“Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 75 RI, hari ini kita meresmikan penyalaan listrik di 7 desa di Inhil ini, sebelumnya kami juga menyalakan ada 4 desa, total di 2020 ada 11 desa. Di Inhil ini masih paling rendah, targetnya harus kita selesaikan 100 persen,” ucapnya.


Erwin juga mengingatkan masyarakat dan pekerja agar menggunakan listrik dengan sebaik baiknya dan menggunakan protokol keselamatan untuk mencegah terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dengan mensosialisasikan untuk menggunakan listrik dengan safety.


“Kami memberikan suplai listrik dengan baik, komitmen kami adalah zero gangguan listrik, nihil kecelakaan kerja, jangan sampai ada petugas kami yang mengalami kecelakaan yang tidak diinginkan. Dari pemerintah, tunggakan listrik harus nihil,” pungkasnya

Penulis.  : Muridi Susandi

Editor.     : Prabu Suryadhana

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index