Pj Walikota Pekanbaru Minta OPD Libatkan UMKM Siapkan Pangan Lokal

Selasa, 11 Juni 2024 | 22:34:32 WIB
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Tampak Meninjau Stand Buah pada Festival Pangan Lokal, Selasa 11 Juni 2024 pagi.

Pekanbaru, MEDIALOKAL - Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa meminta OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru melibatkan pelaku UMKM dalam menyiapkan pangan lokal.

Ini disampaikan Risnandar Mahiwa, Selasa 11 Juni 2024 pagi, saat peresmian Pekan Pangan Lokal (P2L) di halaman Kantor Bersama Dinas Ketahanan Pangan dan PMI Jalan Cut Nyak Dien dalam rangka HUT ke-240 Pekanbaru.

"Saya minta agar seluruh kepala OPD, khususnya di Pemko Pekanbaru, dalam setiap kegiatan bisa kita libatkan teman-teman UMKM untuk menyiapkan makan minum khusus pangan lokal, sehingga teman-teman UMKM ini baik bergeraknya," ujar Risnandar Mahiwa.

"Saya ambil contoh, Bapak Menteri Dalam Negeri itu suka makan pisang. Sedang se level menteri saja suka makan pangan ini," imbuhnya.

Peresmian P2L yang sudah dilakukan, lanjut Risnandar Mahiwa merupakan momentum untuk mencintai pangan lokal.

Lebih jauh dikatakan, dirinya akan melayangkan surat kepada seluruh OPD agar kedepannya menggunakan pangan lokal.

"Setelah ini langkah yang kita lakukan tentunya setelah ini kita sudah mulai membranding pangan lokal kita dengan teman-teman swasta. Seperti di mall kita bukakan stand atau dipusat keramaian lainnya. Sehingga orang tau, jangan hanya produk lain saja. Kita di acara Apeksi diperintahkan cinta produk Indonesia. Jadi kita harus cinta produk pangan lokal. Sehingga kalau kita cinta produk pangan lokal, tentunya PAD akan meningkat," jelasnya.*

 

Terkini