Hari Laut Sedunia, Prof. Haryono Maha Seri Bijawangsa Memberikan Bantuan Sosial

Senin, 10 Juni 2024 | 13:57:41 WIB

Concong - Memperingati Hari Laut Sedunia, Presiden Bangsa Orang Laut, Prof. Haryono Maha Seri Bijawangsa menyerahkan bantuan buku kepada SMA Negeri 1 Concong, Sebanyak 150 judul buku disampaikan sebagai upaya menarik minat baca dan meningkatkan pengetahuan bagi para guru dan murid yang mayoritas adalah penduduk asli putra-putri daerah Concong, Minggu (09/06/2024).

Presiden Bangsa Orang Laut, Prof. Haryono Maha Seri Bijawangsa mengatakan, Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia yang dilaksanakan di Desa Panglima Raja Kecamatan Concong, ada beberapa kegiatan sosial yang dilakukan yaitu pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar 100 ribu kepada 100 Kepala Keluarga dari Masyarakat Suku Nelayan yang tergolong tidak mampu di Desa Panglima Raja, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Pemberian 100 Kacamata Gratis dan Pemberian Buku Gratis ke SMAN 1 Concong.

“Untuk kali yang pertama di Indonesia diadakan Hari Laut se Dunia dan dilaksanakan di Desa Panglima Raja Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau dan adapun kegiatan dilaksanakan setelah acara pembukaan yang dihadiri oleh berbagai kalangan orang - orang besar atau para pejabat yang ada di Riau dan Indragiri Hilir, dilanjutkan dengan kegiatan seminar internasional dengan 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapore, kemudian dilakukan kegiatan sosial diantaranya, pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar 500 ribu kepada Kepala Keluarga sebanyak 100 Kepala Keluarga yang tergolong tidak mampu, Pemeriksaan gratis dan pemberian Kacamata Baca untuk 100 Orang dan Pemberian 150 judul Buku kepada SMA Negeri 1 Concong,"Jelasnya.

Haryono juga berharap dengan adanya kegiatan sosial ini merupakan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat suku laut, khususnya di tanah kelahirannya sendiri.

“Dihari Laut Sedunia 2024 ini, sengaja saya mengundang Baznas Provinsi Riau dan tim kesehatan sekaligus dengan dokter Spesialis Mata dari Pekanbaru, sebagai bentuk kepedulian saya terhadap masyarakat suku laut, khususnya di desa Panglima Raja Kecamatan Concong, tanah kelahiran saya, Semoga bantuan tersebut dapat membantu dan bermanfaat," Harapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Concong Lily Khairani, S.Si, MM menyatakan, sangat berterima kasih dengan bantuan ratusan judul buku tersebut.

”Terimakasih kepada bapak Presiden Suku Laut atas bantuan ratusan judul buku yang diberikan kepada SMAN 1 Concong, buku tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk bahan literasi para guru dan siswa, dan yang pastinya akan kami manfaatkan buku tersebut di perpustakaan Binar Ilmu SMAN 1 Concong.” Tuturnya.

Lily Khairani juga mengatakan, bahwa salah satu misi kepemimpinannya saat ini di SMAN 1 Concong adalah meningkatkan budaya literasi di SMAN 1 Concong, misi tersebut terbukti dengan terdaftar dan diakuinya perpustakaan SMAN 1 Concong di Perpustakaan Nasional dengan nama Perpustakaan Binar Ilmu SMAN 1 Concong.

”Bantuan buku ini diharapkan dapat memperluas cakrawala pengetahuan para siswa dan minat baca mereka agar mereka bisa terbuka bahwa membaca itu sangat penting dan merupakan jendela sehingga termotivasi untuk menggapai cita-citanya." Harapnya. (Mulyadi)

Terkini