Makam Keramat K. H. Abdulah Bin H. Ahman dI Desa Rantau Panjang

 


SERIBUPARITNEWS.COM, – K.H Abdullah adalah seorang murid sekaligus anak angkat tuan guru Abdurrahman Siddiq (tuan guru Sapat). Berdasarkan beberapa narasumber, beliau lahir di banjar (Kalimantan). Setelah selesai menimba ilmu dan menikah, beliau bermukim di Desa Simpang Tiga Kec. Enok, kemudian pindah ke Desa Rantau Panjang – Enok. Masa tuanya ia bersama keluarga menetap di Rantau Panjang dan mengajar berbagai ilmu agama.

Bermula kisah keramat makam beliau yaitu ketika Tuan guru H. Bahit (tuan guru Kalimantan) melaksanakan ibadah haji di Mekah. Kemudian ketika beliau hendak pulang ke Indonesia bertemu dengan seorang yang berkebangsaan Indonesia berbincang dan bertegur sapa. Diketahui orang tersebut bernama K.H Abdullah bin H. Ahman. Tuan guru H. Bahit menanyakan di Indonesia Pulang kemana, dijawab K. H. Abdullah hendak pulang ke Sumatera tepatnya di Riau. Tak selang beberapa waktu tersadarlah tuan guru H. Bahit bahwa K. H. Abdullah bin H. Ahman ini adalah seorang ulama yang telah lama meninggal Dunia. Tapi anehnya bisa berjumpa di dunia lagi (mekah).

Sepulang dari tanah suci, tuan guru H. Bahit menceritakan pertemuannya dengan guru K. H. Abdullah yang di ketahui telah lama meninggal kepada zuriat-zuriat dan keluarga-keluarga lain, lalu mengutus dan menyebar informasi mencari dimana makam K. H. Abdullah tersebut berada. Setelah perjalanan panjang pencarian tersebut, akhirnya di temukan makan beliau berada di Desa Rantau Panjang Enok beralamat di Jl. Kalimantan. Sejak itulah makam K. H. Abdullah bin H. Ahman di pandang keramat. Telah banyak jamah-jamaah dari luar berbagai daerah berziarah kemakam beliau ini.

Foto diatas adalah kondisi makam beliau saat ini, makam ini tidak jauh dari Masjid Jami’ Al – Islam Desa Rantau Panjang. Letaknya sekitar 30an meter sisi timur masjid (ujung jalan Kalimantan) dan hanya beberapa meter dari pinggir sungai

Dari keterangan yang saya peroleh, cucu dan zurriyat beliau masih ada yang hidup hingga saat ini, namun tidak bermukim di desa Rantau Panjang tapi tinggal di Kelurahan Enok. (Sumber tulisan : Sahabat)


29 Maret 2021

Desa Rantau Panjang

Kecamatan Enok – Indragiri Hilir – Riau.


Source : metro Investigasi 

Belum ada Komentar untuk "Makam Keramat K. H. Abdulah Bin H. Ahman dI Desa Rantau Panjang"

Posting Komentar


Recent Posts Widget

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel