5 Cara agar Bisa Bangun Pagi Tanpa Alarm

 

Ilustrasi. Bangun pagi dengan alarm berisiko membuat kualitas tidur berkurang. (Istockphoto/PeopleImages)

SERIBUPARITNEWS.COM,Buat sebagian orang, bangun pagi memang bukan urusan mudah. Alarm jadi satu-satunya yang diandalkan agar bisa bangun pagi.

Namun, sering kali, bangun tidur karena alarm menandakan tubuh tidak mendapatkan jam tidur yang cukup. Merasa aman akan adanya alarm, Anda bisa seenaknya saja tidur malam selarut apa pun.

1. Berjemur

Tetap di dalam rumah, apalagi ditemani serial favorit dan sofa yang nyaman, memang membuat malas keluar rumah. Namun, demi bisa bangun pagi, sebaiknya keluar rumah dan berjemur. Paparan sinar matahari akan membantu tubuh mengatur jam sirkadian. Tubuh pun tahu kapan harus bangun dan kapan harus tidur.

2. Olahraga

Ajak tubuh untuk bergerak. Dikutip dari laman Sleep Advisor, bergerak dan berolahraga adalah cara luar biasa untuk tetap terjaga. Anda tidak harus ke pusat kebugaran atau lapangan terbuka. Lakukan olahraga sederhana di dalam rumah, peregangan atau joging sudah cukup jika dilakukan rutin.

3. Stimulasi otak

Di samping olahraga, Anda bisa membuat tubuh dan pikiran aktif dengan membaca buku atau mengisi teka-teki silang. Cara ini akan merangsang otak dan membuatnya lebih waspada.

4. Sarapan

Pastikan Anda tidak melewatkan sarapan. Sarapan sebaiknya berisi nutrisi untuk mendukung aktivitas seharian.

Cek lagi menu sarapan Anda. Menu sarapan yang sehat wajib mengandung protein dan biji-bijian utuh. Keduanya akan membantu memasok energi sekaligus memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Jam tidur konsisten

Aktivitas seharian mulai dari bangun hingga tidur kembali yang konsisten akan berpengaruh pada waktu tidur di malam hari.

Selain itu, Anda juga perlu membangun kebiasaan baik di malam hari agar bangun lebih mudah tanpa memerlukan alarm.

Mengutip Metro, sebaiknya ciptakan rutinitas tidur yang konsisten, termasuk tidur dan bangun di jam yang sama, baik saat hari kerja maupun di akhir pekan.

6. Hindari kebiasaan buruk jelang tidur

Jelang tidur, hindari kebiasaan-kebiasaan yang diam-diam membuat istirahat jadi kacau. Kuncinya, hindari konsumsi kafein dan alkohol jelang jam tidur, ciptakan kamar yang nyaman dan tanpa distraksi, termasuk distraksi gawai dan penggunaan cahaya minimal.


Sumber : cnnindonesia.com

Belum ada Komentar untuk "5 Cara agar Bisa Bangun Pagi Tanpa Alarm"

Posting Komentar


Recent Posts Widget

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel