Kodim 0314/Inhil Berkolaborasi dengan FPK Gelar Sosialisasi Kampung Pancasila

 


SERIBUPARITNEWS.COM,Tempuling – Kodim 0314/Inhil berkolaborasi dengan forum pembauran kebangsaan (FPK) Dalam rangka meningkatkan masyarakat yang rukun, santun, berbudaya dan bergotong royong, menggelar Sosialisasi Kampung Pancasila, bertempat Kantor Camat Tempuling Jalan Syahdan, Kamis (24/3/2022).

Dalam sosialisasi ini mengusung tema "Melalui kegiatan pembauran kebangsaan kita giatkan kampung pancasila dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa"

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr(Han) yang diwakili Perwira Seksi Operasi Kapten Inf Tarmizi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Indragiri Hilir H.M. Arifin, S.Sos, Ketua bidang UMKM Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Riau Dr Machasin,Ketua FPK Inhil H. Zaini Awang

Sekretaris Kesbangpol  Inhil Marlis Syarif, FPK Tempuling H. Baharudin dan Anggota, Danramil 03 Tempuling Kapten Inf Riswanto, Kapolsek Tempuling AKP Subagja di wakili IPTU Gunawan, MUI Tempuling H. Kafrawi MA,Muslimat NU,Badan Kontak Majlis Taklim Tempuling.

Dalam Sambutannya Camat Tempuling H Junaidi S.sos M,Si. Selamat datang di Kecamatan Tempuling di mana salah satu kelurahannya yakni Kelurahan Sungai Salak merupakan Kampung Pancasila mewakili Kecamatan Tempuling dan satu satunya yang ada di Indragiri Hilir.

"Kami dari Forkopimcam Tempuling,menyambut baik adanya kampung Pancasila di mana Tempuling merupakan pilot project untuk pembauran kebangsaan sebagai teladan bagi wilayah lainnya yang ada di Indragiri Hilir," tandasnya.


Begitu juga Sambutan Bupati Indragiri Hilir di wakili Kaban Kesbangpol Indragiri Hilir H Arifin, FPK adalah program pemersatuan bangsa yang terus berupaya membaurkan berbagai suku dan etnis untuk bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI.


"Dan kampung Pancasila yang menjadi salah satu kampung berbasis Pancasila serentak di seluruh Indonesia menjadi cermin sikap Pancasila seutuhnya sehingga kehidupan bermasyarakat bisa tenang dan tentram. Dan bisa menjadi contoh bagi wilayah lainnya di Indonesia dan terus menjadi budaya serta inspirasi kita semua," ungkap Kaban Kesbangpol Inhil. 


Ia juga berharap dengan FPK dan Kampung Pancasila bisa mencegah segala konflik dan menerima segala kemajemukan di dalam berbangsa dan bernegara.


"Semoga dengan adanya kampung Pancasila yang ada di kelurahan Sungai Salak, dapat mencegah segala konflik dan terutama dapat menerima suku agama lainnya, sehingga dapat menjadi contoh di daerah lainnya di kabupaten Indragiri Hilir," imbuhnya.


Senada dengan kegiatan itu, Perwira seksi Operasi Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi memberikan Materi Wawasan kebangsaan dan Bela negara untuk peserta sosialisasi

tentang Tugas Pokok TNI dalam UU TNI no 34 tahun 2004 

dan menjelaskan pengertian wawasan kebangsaan begitu juga unsur wawasan kebangsaan serta 

sikap bela negara sehingga membentuk Kampung Pancasila di Kec Tempuling dengan tujuan untuk mengembalikan marwah kehidupan masyarakat untuk saling bergotong-royong, saling menjaga, saling membantu, dan tenggang rasa antar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang damai dan harmonis.


"Pungsi dari pada dibentuknya kampung Pancasila ini sebagai contoh kepada desa-desa yang lain untuk menangkal maraknya pertumbuhan ajaran-ajaran radikalisme yang sudah banyak berkembang di seluruh pelosok desa," tegas Pasiops Kapten Inf Tarmizi.


Maka dari itu dikatakan Pasiops. Kodim 0314 Inhil dibawah pembinaan Koramil 03/Tempuling melaksanakan Kampung Pancasila di Jalan Sederhana RT 04/RW 07, Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir


"Dan ini menjadi pilihan kami yang pertama sebagai Kampung Pancasila karena memiliki karakteristik masyarakat yang cukup baik untuk desa percontohan dan sebagai pilot project sehingga apabila berhasil akan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah kota dan kabupaten Indragiri Hilir," cetusnya.


Kegiatan Kampung Pancasila ini bukan hanya sebagai kegiatan seremonial saja, akan tetapi setiap hari akan dilaksanakan kegiatan yang bersifat gotong-royong seperti kegiatan pos ronda dan nanti akan dikawal oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Apabila terdapat hal-hal yang menonjol atau yang mencurigakan dapat segera diantisipasi mencegah timbulnya permasalahan yang tidak diinginkan sehingga keamanan dan kenyamanan warga dapat terjaga dengan baik.


"Kami mohon bantuan dan kerjasamanya kepada semua pihak agar program kegiatan Kampung Pancasila ini dapat berjalan baik sehingga ancaman radikalisme dan yang ingin merusak nilai – nilai pancasila dapat dicegah sedini mungkin," tutupnya.


Di akhir kegiatan  yayasan vioni bersaudara menyerahkan kain untuk Mesjid Nurul  Hidayah RT 5 dan Musolah Al Tagwa di RT 4 di Kampung Pancasila Koramil 03/Tempuling.


Redaksi 

Belum ada Komentar untuk "Kodim 0314/Inhil Berkolaborasi dengan FPK Gelar Sosialisasi Kampung Pancasila "

Posting Komentar


Recent Posts Widget

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel