-->
Cloud Hosting Indonesia

Iklan

Recent Posts

PERAN GURU DIMASA PANDEMI COVI 19

10 Desember 2021, Jumat, Desember 10, 2021 WIB Last Updated 2021-12-10T00:00:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


SERIBUPARITNEWS.COM,Semenjak diberlakukannya masa darurat Covid-19 pada tanggal 16 Maret 2020   pemerintah kabupaten Indragiri Hilir  mengambil kebijakan untuk pembelajaran via daring atau disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan adanya pembelajaran daring guru dan peserta didik sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Dalam melaksanakan pembelajaran daring dengan berbagai keterbatasan kemampuan, sarana dan prasarana berupa handphone, laptop dan jaringan bagi guru dan peserta didik serta kemampuan yang masih terbatas dalam pemanfaatan teknologi membuat pelaksanaan pembelajaran daring harus tetap diupayakan berjalan agar proses transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik tidak terganggu.

PJJ memang tidak akan mampu menggantikan sistem belajar secara tatap muka. Suritauladan dan kasih sayang guru tak tersampaikan melalui dunia maya . Selain itu  dari sisi lain  banyak siswa yang mengeluh, karena belajar seperti ini tak efektif. Mereka harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyimak materi di layar monitor, belum lagi akses keterbatasan internet yang mengahambat dalam belajar terutama di daerah yang jauh dari jangkauan siqnal internet khususnya wilayah kecamatan tanah Merah. Sekolah yang berada di wilayah Desa  Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir merasakan sulitnya mengakses internet. Karena di kampung  jadi   terhalang oleh signal, belum lagi keluhan orangtua tentang harga kuota yang mahal Selain itu, tidak semua orangtua siswa di sekolah   mampu membeli Gadget seperti handphone. 

Sejalan dengan revolusi mental setiap guru diuji untuk integritasnya sebagai pengajar dengan berpikir kreatif dan berinovasi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sesuai perkembangan zaman kita sebagai seorang guru dituntut untuk beradaptasi dengan teknis pembelajaran dengan metode E-learning memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai perkembangan zaman. Inilah yang membuat guru menciptakan inovasi dalam memberikan materi belajar mulai dari, mengajak  membuat video, membuat film,   dan mengugahnya   melalui Whatsapp, Google Clasroom, Email, Zoom atau aplikasi yang lainya dan sesuai arahan Kemendikbud. Dukungan orang tua dan semangat untuk kegiatan belajar di rumah dengan keterlibatan guru pada pemberian materi belajar sangat penting untuk keberlangsungan pendidikan anak. Hal ini didukung dengan semakin banyak pendapat ahli menyatakan bahwa membangun relasi yang baik antara anak, orang tua, dan sekolah dalam mendukung proses pembelajaran, mampu memberikan hal positif dalam pembelajaran, dan dibarengi dengan hasil belajar yang lebih baik. Seperti diketahui bahwa orang tua adalah pendidik utama bagi anaknya.. Dengan berbagai keterbatasan dalam situasi pandemi Covid 19 menjadi tantangan seorang guru untuk terus mau belajar dan berlatih pembelajaran secara daring. Disamping itu guru harus mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi serta kolaborasi media pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dan tetap bisa menghadirkan suasana pembelajaran interaktif antara guru dan  peserta didik.  

Proses pembelajaran yang dilakukan selama pandemi Covid-19 ini memberikan sebuah pelajaran bahwa kegiatan belajar mengajar secara tatap muka lebih efektif dibandingkan dilakukan secara profesi guru tidak akan tergantikan oleh teknologi sampai kapanpun. Pembelajaran penuh secara daring justru banyak menimbulkan keluhan dari peserta didik maupun orang tua. pembelajaran terbaik dengan tatap muka dan berinteraksi dengan guru dan teman-teman. Proses ini   memiliki nilai tambah pada siswa seperti proses pendewasaan sosial, budaya, etika, dan moral. Nilai-nilai ini hanya bisa didapatkan dengan interaksi sosial di suatu area pendidikan. dalam segi kognitif, teknologi memang bisa membantu atau memudahkan para siswa dalam belajar. Namun, pada segi afektif dan psikomotor teknologi tidak bisa menggantikan sosok seorang guru. Karena guru bukan hanya sebatas mentrasnfer ilmu tetapi sebagai figur untuk menyampaikan akhlak, sosok untuk digugu dan ditiru. selamat hari guru.

penulis M.Syamsi

Ketua PGRI Kecamatan Tanah Merah

Komentar

Tampilkan

Terkini