-->
Cloud Hosting Indonesia


Iklan

Recent Posts

BPJS Kesehatan Tembilahan Gencarkan Fitur Skrining Kesehatan Pada Peserta JKN-KIS

seribuparitnews.com
Selasa, 05 Oktober 2021, Oktober 05, 2021 WIB Last Updated 2021-10-05T02:12:12Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

SERIBUPARITNEWS.COM,Indragiri Hulu, Jamkesnews - Dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) sebagai upaya promotif  dan preventif masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan berperilaku hidup sehat. Kini BPJS Kesehatan menciptakan inovasi Skrining Kesehatan secara digital agar memudahkan peserta JKN-KIS untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini.

Fitur Skrining Kesehatan dapat ditemukan pada aplikasi Mobile JKN. Dalam fitur ini, peserta JKN-KIS dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan aktivitas yang sering dilakukan, riwayat penyakit, riwayat penyakit keluarga dan pola makan, serta minuman apa saja yang sering di konsumsi oleh peserta JKN-KIS. Ketika selesai menjawab semua pertanyaan, peserta dapat mengetahui kondisi maupun kebiasaan seperti risiko penyakit dan saran pola hidup yang harus dilakukan agar dapat mencegah risiko–risiko yang akan terjadi.

“Pemanfaatan JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tidak hanya untuk mereka yang sakit, namun promotif preventif untuk peserta sehat perlu dilakukan. Melalui pengisian Skrining Riwayat Kesehatan, diharapkan peserta JKN dapat secara mandiri mengetahui kondisi kesehatan masing masing, serta dapat langsung mengakses FKTP apabila diketahui secara dini adanya risiko penyakit sehingga pencegahan dan pengobatan dilakukan sejak awal,” jelas Elinda Rahayu Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Tembilahan.

Dalam hal itu, BPJS Kesehatan Tembilahan bekerjasama dengan petugas PIPP RS untuk mengarahkan peserta JKN-KIS agar mengunduh aplikasi Mobile JKN sekaligus mengarahkan pasien untuk melakukan Skrining Kesehatan. Hal tersebut dilakukan di RSUD Indrasari Pematang Reba saat pasien mengurus admnistrasi kepulangan.

“Ketika pasien mengurus administrasi kepulangan, maka kita arahkan mengunduh Mobile JKN terlebih dahulu, serta kita jelaskan fitur–fitur yang sudah ada. Pasien pun cukup antusias untuk download Mobile JKN. Dan setelah itu kita arahkan mereka untuk mengisi Skrining Kesehatan,” terang Siti Julaiha petugas PIPP RSUD Indrasari Pematang Reba.

Petugas Penanganan Pengaduan Peserta (PPP) BPJS Kesehatan Tembilahan Muhammad Galih Alfatha mengatakan dengan adanya fitur Skrining Kesehatan, semua peserta JKN-KIS yang ada di Rumah Sakit dapat mengakses fitur ini agar dapat menjaga pola kesehatannya sehingga terhindar dari penyakit. Seperti halnya Ruaini, salah satu peserta JKN-KIS yang mendapatkan layanan di RSUD Indrasari dan sudah mengakses fitur Skrining Kesehatan pada aplikasi Mobile JKN.

“Saya merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini, untuk fitur Skrining Kesehatan bisa mengetahui penyakit sejak awal karena bisa diobati sejak adanya keluhan dan skrining dari aplikasi Mobile JKN,” ujarnya.


Redaksi

Komentar

Tampilkan

Terkini