-->

Cloud Hosting Indonesia


Iklan

Recent Posts

Masih Dalam Kondisi Pandemi, BPJS Kesehatan Tetap Bersama Pasien di Rumah Sakit

seribuparitnews.com
24 September 2021, Jumat, September 24, 2021 WIB Last Updated 2021-09-24T15:03:16Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan, Jamkesnews – Di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda di negeri tercinta ini, BPJS Kesehatan terus berupaya menjaga dan meningkatkan kepuasan peserta yang sedang membutuhkan layanan di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.  Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menghadirkan petugas Penanganan Pengaduan Peserta Rumah Sakit (PPP RS) dengan Program BPJS SATU.


BPJS SATU adalah singkatan dari BPJS Siap Membantu, dimana Duta BPJS Kesehatan langsung hadir di rumah sakit untuk bertugas memberikan informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta yang membutuhkan layanan di rumah sakit. Dalam hal itu, petugas PPP RS akan mengunjungi pasien rawat jalan dan pasien rawat inap di rumah sakit.


Petugas PPP RS berkunjung pada pasien rawat jalan dan rawat inap untuk melakukan customer feedback ke pasien, memberikan flyer edukasi terkait program JKN-KIS dan juga mengajak peserta untuk mendownload aplikasi Mobile JKN. Selain itu, semua fitur yang ada pada aplikasi Mobile JKN juga dijelaskan guna memudahkan peserta dalam membutuhkan pelayanan administrasi seperti perubahan data, pengaduan keluhan, informasi tagihan, ketersediaan tempat tidur, dan sebagainya.


“Kegiatan BPJS SATU pada saat awal-awal pandemi Covid 19 sempat dihentikan sementara. Untuk mengukur kepuasan layanan peserta di rumah sakit, kami melaksanakannya menggunakan telepon selular guna memperkuat sinergi dengan petugas pemberi informasi dan penanganan pengaduan peserta di Rumah Sakit (PIPP RS) yang telah ditunjuk oleh manajemen Rumah Sakit untuk menjalankan fungsi dalam menyelesaikan keluhan ataupun permintaan informasi oleh peserta JKN-KIS. Namun, saat ini petugas BPJS Satu sudah mulai kembali melakukan kunjungan ke Rumah Sakit, dengan syarat pegawai yang bertugas sudah mendapatkan vaksinasi kedua Covid-19 dan pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Fitri Yanti Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Tembilahan.


Petugas Penanganan Pengaduan Peserta Rumah Sakit (PPP RS) Muhammad Galih Alfatha menjelaskan jika kegiatan BPJS Satu pada Rumah Sakit dilakukan di tiga Rumah Sakit Kabupaten Indragiri Hulu yaitu RSUD Indrasari, RS Kasih Ibu dan RSIA Safira.


“Jadwal kunjungan pun sudah di bagi untuk satu minggu sekali tiap-tiap Rumah Sakit. Untuk tetap mengoptimalkan pelayanan di Rumah Sakit jika tidak berada di Rumah Sakit yang lain, kita sudah memasang 10 titik poster PPP RS yang berisikan nomor telepon jika peserta membutuhkan informasi dan penanganan keluhan,” imbuhnya.


Verdi Gunawan selaku Direktur Rumah Sakit Kasih Ibu mengungkapkan rasa senangnya dapat menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan.


“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan kepercayaan kepada RSKI untuk terus menjalin kerja sama yang baik ini. Dan terima kasih juga kami sampaikan kepada  Petugas PPP RS yang telah bersedia untuk berkunjung secara rutin ke Rumah Sakit Kasih Ibu dalam rangka pembinaan dan konseling kepada petugas PIPP dan pasien-pasien yang kami rawat. Mudah-mudahan kerja sama yang baik ini akan terus terjalin dimasa-masa yang akan dating dan dapat terus memberikan pelayanan profesional serta memuaskan bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.


Bastian salah satu pasien di Rumah Sakit sangat mengapresiasi program BPJS SATU tersebut. “Bagi peserta dengan bantuan pemerintah ini dan adanya BPJS SATU di Rumah Sakit, pasien bisa langsung bertanya terkait program JKN-KIS tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” jelasnya.


Redaksi 

Komentar

Tampilkan

Terkini