-->


Iklan

Recent Posts

Karena JKN -KIS, Kaki Saya Terselamatkan

seribuparitnews.com
Kamis, 09 September 2021, September 09, 2021 WIB Last Updated 2021-09-09T07:04:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



SERIBUPARITNEWS.COM, Indragiri Hilir, Jamkesnews - Untuk menjamin kesehatan dasar masyarakat Indonesia berdasarkan amanat UUD 1945, pemerintah menghadirkan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang kini dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program yang diselenggarakan sejak tahun 2014 itu, telah terbukti menghadirkan banyak manfaat bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus kahwatir memikirkan biaya yang akan dibayarkan.


Salah satu masyarakat yang memanfaat program JKN-KIS ini adalah Ateng (40), warga Desa Tanah Merah, Kabupaten Inhil, Provinsi Riau yang kesehariannya bekerja sebagai seorang nelayan. Dari hasil melaut tersebut terkadang tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga. Ateng memiliki 2 orang anak, Ferdy (9) dan Nia (5).


Ferdy telah merasakan manfaat dari program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Ferdy mengalami patah tulang kaki sebelah kanan akibat terjatuh saat bersepeda. Jika berobat dengan biaya pribadi, keluarga Ateng tidak bisa menyanggupi untuk tanggungan pengobatan. Beruntung, keluarga Ateng sudah terdaftar Program JKN-KIS sebagai peserta yang di daftarkan oleh pemerintah daerah atau yang disebut segemen peserta PBI, sehingga ia tidak perlu lagi bingung dan khawatir ketika mau berobat bagi dirinya maupun keluarganya.


“Saya sangat terbantu sekali dengan hadirnya Program JKN-KIS, karena tidak untuk diri saya sendiri namun juga untuk biaya pengobatan anak saya Ferdy, red). Selama mendapatkan pelayanan kesehatan kami tidak dipungut biaya sepeserpun, mulai dari pelayanan rawat inap, cek laboratorium hingga obat," kata Ateng, Senin (22/03).


Dengan manfaat yang diterima oleh Ateng atas keluarganya itu, dirinya mengaku puas atas pelayanan yang diberikan kepada dirinya yang merupakan peserta JKN-KIS. Menurutnya, atas pengalaman yang ia dapatkan, Program JKN-KIS sangat membantu dirinya dan keluarga saat mengakses pelayanan kesehatan.


"Saya puas dengan Program JKN-KIS ini baik dari pelayanan di Puskesmas maupun di rumah sakit,” ujar Ateng.


Ateng mengakui bahwa tidak ada satu orang pun yang menginginkan jatuh sakit. Untuk itu, Ateng mengajak bagi masyarakat Indonesia yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN-KIS dan untuk masyarakat yang telah terdaftar jangan lupa membayarkan iuran tepat waktu agar kepesertaan selalu aktif.


Bagi dirinya Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan merupakan program yang sangatlah baik, dengan semangat gotong royong, biaya pelayanan kesehatan yang sangat mahal bisa diatasi. Ateng pun memiliki harapan kedepannya semoga Program JKN-KIS semakin maju untuk dapat terus menyehatkan bangsa Indonesia.


Redaksi 

Komentar

Tampilkan

Terkini