-->


Iklan

Recent Posts

Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan Siap Optimalkan Pengolaan Peserta Prolanis DM dan HT

seribuparitnews.com
Kamis, 02 September 2021, September 02, 2021 WIB Last Updated 2021-09-02T12:18:03Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) serta Sosialisasi Pembiayaan Kegiatan Prolanis. Kegiatan ini merupakan upaya untuk tetap memberikan manfaat promotif dan preventif pada peserta JKN-KIS, serta mengontrol kondisi kesehatan peserta Prolanis Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT) di masa pandemi Covid-19.


“Kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi intens dan bersama (BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan) dalam mengevaluasi manfaat promotif dan preventif Prolanis yang diterima peserta JKN-KIS di Kabupaten Indragiri Hulu. Pengelolaan dan monitoring secara kontinu pada peserta Prolanis diharapkan bisa mengantisipasi mortalitas masyarakat ketika terpapar Covid-19 dan sebagai sasaran vaksin pemerintah. Peranan FKTP sebagai koordinator kesehatan peserta terdaftar juga diharapkan dapat terus berjalan, baik dalam bentuk kontak langsung maupun kontak tidak langsung, sehingga produktifitas masyarakat tetap terjaga,” ucap Meri Lestari, Kepala BPJS Kesehatan Tembilahan.


Fifi Piska, PIC Prolanis Puskesmas Sungai Parit menyatakan pengalamannya selama mengurus Prolanis yang sudah 2 tahun ia jalani, manfaat yang ia rasakan adalah ia bisa membina pasien Prolanis yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup pasien. "Mereka pun (pasien Prolanis) bersemangat untuk bisa meningkatkan kualitas hidup mereka, perlahan lahan mereka sudah bisa merubah prilaku hidup mereka seperti pola makan,” ungkapnya.


Selanjutnya Elda Fitriani Kepala Bidang P2P (Pegendalian dan Pemberantasan Penyakit) Dinas Kesehatan Indragiri Hulu menjelaskan jika program ini sangat membantu di Puskesmas agar dapat memantau kesehatan peserta yang terdaftar di Puskesmas. “Semoga kesehatan peserta Prolanis terus membaik dengan memanfaatkan Program JKN-KIS,” imbuhnya.


Pada kesempatan yang sama Puskesmas Sungai Parit bekerja sama dengan Laboratorium Prodia yang ditunjuk BPJS Kesehatan mengumpulkan peserta Prolanis DM dan HT untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan penunjang Prolanis. Jarak yang jauh dari rumah dan masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat peserta JKN-KIS untuk datang. Kegiatan pun dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.


“Dengan adanya program Prolanis kita jadi mengetahui perkembangan kesehatan kita sebagai pasien, seperti obat yang diberikan rutin setiap bulan. Cek kesehatan juga dilakukan secara rutin seperti cek gula. Pada hari ini kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas oleh Laboraturium Prodia. Terima kasih kami ucapkan buat tenaga kesehatan di Puskesmas dan program JKN-KIS,” jelas Yuliana seorang peserta Prolanis yang mengungkapkan dengan antusias.


Redaksi

Komentar

Tampilkan

Terkini