-->


Iklan

Recent Posts

"ADA SI UDIN OCIT" (Administrasi Surat Izin Dispensasi Nikah Online Bagi Calon Pengantin) Inovasi Kecamatan Tembilahan Hulu

seribuparitnews.com
Kamis, 05 Agustus 2021, Agustus 05, 2021 WIB Last Updated 2021-08-05T03:27:22Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHANHULU - Pernikahan pada dasarnya merupakan perilaku makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang tidak hanya terbatas pada diri seorang manusia melainkan seluruh makhluk ciptaan-Nya sekalipun terdapat perbedaan secara prinsipil antara pernikahan yang dilakukan oleh manusia dengan makhluk yang selainnya. Pernikahan juga merupakan salah satu kebutuhan dasar (gharizah al- Nau’) yang harus terpenuhi baik dalam kehidupan manusia ataupun makhluk yang selainnya.


Sesuai dengan bunyi Pasal 3 Ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 dan Pasal 22 Ayat (2) Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2007 tentang Pencatatan Nikah. Maka perlu inovasi agar warga yang ingin mengurus surat dispensasi nikah tidak perlu lagi menunggu lama di Kantor Camat karena sudah mengisi form dispensasi nikah secara online dari rumah.


Kecamatan Tembilahan Hulu salah satu dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir dan memiliki fungsi sebagai Perpanjangan Tangan Pemerintah Dalam Menginplementasikan Program-program Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, salah satunya yakni pelayanan Dispensasi Nikah bagi calon pengantin. Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir memiliki luas wilayah 180,37 km² terdiri dari 2 kelurahan dan 4 desa. Ibukota kecamatan adalah Kota Tembilahan Hulu. Dengan pertimbangan peraturan dan geografis diatas serta mengikuti perkembangan era digital, dirasa perlu bagi kami untuk membuat terobosan-terobosan baru dibidang pelayanan publik berupa Inovasi “ADA SI UDIN OCIT” (Administrasi Surat Izin Dispensasi Nikah Online Bagi Calon Pengantin) Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.


ADA SI UDIN OCIT (Administrasi Surat Izin Dispensasi Nikah Online Bagi Calon Pengantin) merupakan Program Inovasi Kecamatan Tembilahan Hulu yang berbasis digital menggunakan Website dan dukungan Aplikasi WhatSapp sebagai media pelayanan berbasis online, dimana inovasi ini merupakan pengembangan hasil dari kebutuhan dan harapan Masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik yang efisien dan efektif serta bebas dari pungutan liar.


Masalah yang dihadapi sehingga terciptanya Inovasi ADA SI UDIN OCIT (Administrasi Surat Izin Dispensasi Nikah Online Bagi Calon Pengantin) Kecamatan Tembilahan Hulu adalah masih banyaknya warga masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan tetapi proses pengurusan administrasi pernikahanya kurang dari 10 (sepuluh) hari kerja di Kantor Urusan Agama (KUA) menyebabkan warga tersebut harus melengkapi administrasi tambahan berupa Surat Dispensasi Nikah yang dikeluarkan oleh pihak Kecamatan dan kadang kala Pejabat atau yang ingin temui lagi melaksanakan perjalanan dinas atau melaksanakan kegiatan diluar kantor.


Dengan adanya Inovasi “ADA SI UDIN OCIT” (Administrasi Surat Izin Dispensasi Nikah Online Bagi Calon Pengantin) dari Kecamatan Tembilahan Hulu, maka Masyarakat Desa dan Kelurahan cukup dengan membuka layanan website yang disediakan oleh Kecamatan Tembilahan Hulu lalu mendownload file yang telah disediakan di halaman menu website. Lalu masyarakat desa dan kelurahan mengisi dan melengkapi data-data yang diperlukan setelah itu konfirmasi penyelesaian pengurusan berkas ke nomor yang telah disediakan di halaman website kecamatan. Kemudian di Kantor Camat tinggal mengambil berkas yang diurus dan menyerahkan data pendukungnya.


Tujuan Inovasi :

1. Memudahkan warga Calon Pengantin yang memerlukan Surat Izin Dispensasi Nikah dalam proses pengurusannya.

2. Mengurangi kerumunan karena antrian pada saat proses pengurusan surat izin dispensasi nikah.


Manfaat Inovasi :

1. Memperoleh surat izin dispensasi nikah secara cepat dan mandiri.

2. Memperoleh data yang akurat karena proses pengisian dilakukan langsung olah Calon Pengantin.

3. Data tersimpan secara digital dan meminimalisir hilangnya data.

Redaksi 

Komentar

Tampilkan

Terkini