-->

Iklan

deskripsi gambar

Recent Posts

Dandim 0314/lnhil Letkol lnf lmir Faishal menerima pengarahan dari Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) l/Bukit Barisan

seribuparitnews.com
Senin, 01 Maret 2021, Maret 01, 2021 WIB Last Updated 2021-03-01T14:02:17Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHAN, - Dandim 0314/lnhil Letkol lnf lmir Faishal menerima pengarahan dari Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) l/Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanudin, S.l.P.M.M melalui Vidcon di ruang data Makodim 0314/lnhil, Jalan Ahmad Yani, Parit 9, Tembilahan Hulu, Senin (01/03/2021).


Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Pangdam l/BB terkait upaya mengantisipasi, mencegah dan mengatasi Karhutla di lapangan sesuai dengan instruksi Presiden, yaitu yang pertama merespon dengan cepat dan tanggap apabila ditemukan hostspot karhutla sehingga api tidak membesar dan dapat dikendalikan.


"Dalam upaya pencegahan jangan sampai terlambat dan manajemen di lapangan harus terkonsolidasi dan terkoordinasi dengan baik. Kita juga harus melaksanakan deteksi secara dini dan monitoring area-area rawan hotspot, update informasi setiap hari untuk kondisi harian di lapangan serta manfaatkan teknologi dengan sistem dashboard," ungkapnya. 


Disampaikannya juga, jajaran diintruksikan agar memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga perusahaan-perusahaan dengan melibatkan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat tentang dampak karhutla. 


Presentase terbesar kebakaran hutan adalah karena ulah manusia dan dengan motif utama ekonomi sehingga masing-masing wilayah agar mencari inovasi dan solusi secara permanen untuk mencegah dan menangani karhutla di tahun-tahun mendatang. Lalu, upaya selanjutnya dengan mendorong stakeholder untuk melaksanakan restorasi lahan gambut yang rusak akibat karhutla tahun-tahun sebelumnya untuk dapat kembali seperti sediakala.


"Selalu laksanakan koordinasi dengan pihak kepolisian berkaitan dengan proses penegakan hukum para pelaku karhutla tanpa kompromi, tegas dan keras kepada siapapun yang melakukan karhutla baik konsesi milik Koperasi maupun di masyarakat sehingga dapat memberikan efek jera," tuturnya. 


Selain menyampaikan beberapa hal penting, Pangdam juga mengingatkan kepada seluruh anggota TNl di jajaranya untuk selalu menjaga kondisi agar tetap  semangat dalam melaksanakan tugas dengan tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan.


"Hal hal buruk yang pernah terjadi sebelumnya, jadikan sebuah evaluasi dan jangan sampai terulang kembali," pesan Pangdam I/Bukit Barisan.


Penulis : Serda Tarsa Supriatna

Editor.   : Prabu Suryadhana


Komentar

Tampilkan

Terkini