-->

IKLAN

Headline

Headline

Recent Posts

Tingkatan Mutu Pelayanan, BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan Apresiasi Kinerja FKRTL

seribuparitnews.com
Senin, 21 Desember 2020, Desember 21, 2020 WIB
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan, Jamkesnews – Demi memperluas cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dan memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS difasilitas kesehatan adalah hal utama yang perlu diperhatikan.


BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan mengadakan pertemuan optimalisasi percepatan mutu pelayanan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) secara virtual. Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan, perwakilan anggota Forum Kemitraan (Forkem) Kabupaten Inhil (PWRI), perwakilan anggota Forkem Kuansing (Asisten I), Dinas Kesehatan, FKRTL, FKTP terpilih se-wilayah kerja Kantor BPJS Tembilahan, serta Kepala Instalasi SIMRS Unand Padang sebagai narasumber.


Membuka acara tersebut, Meri Lestari selaku Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tembilahan terlebih dahulu menyampaikan 10 komitmen peningkatan mutu layanan.


“Dari beberapa komitmen tersebut ialah sistem antrean elektronik, display ketersediaan tempat tidur, display tindakan operasi dan simplifikasi prosedur layananan Hemodialisa (HD), dan harapannya ini dapat djalankan oleh fasilitas kesehatan,” terang Meri.


Antrean elektronik di FKRTL bertujuan untuk memberikan kepastian waktu tunggu dan layanan bagi peserta. Sistem antrean ini dapat diakses oleh peserta melalui aplikasi Mobile JKN dengan memiliki surat rujukan dari FKTP. Untuk display tempat tidur sendiri dapat memudahkan peserta dalam mencari kamar perawatan yang tersedia dan display tindakan operasi dapat digunakan untuk mengetahui jadwal pelaksanaan tindakan operasi, fitur-fitur tersebut dapat diakses oleh peserta melalui aplikasi Mobile JKN.


“Jadi diharapkan optimalisasi dari FKRTL dalam percepatan implementasi melalui Best Practice Sharing (BPS) terkait teknis pelaksanaan display tempat tidur yang terintegrasi Aplicares, antrean Elektronik dan display tindakan operasi. Saya juga mengucapkan rasa terima kasih dan mengapresiasi progres yang sudah dilakukan dan berharap kedepannya kita tetap bersama-sama meningkatkan mutu pelayanan FKRTL,” imbuh Meri.

Jamal selaku perwakilan anggota Forkem Inhil (PWRI) juga turut menyampaikan tanggapan dan beberapa harapan didalam suatu pelayanan kesehatan.


“Harapannya yang pertama yaitu penguatan fungsi terhadap fasilitas kesehatan agar dapat mendukung suatu sistem rujukan yang berbasis kompetensi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan peserta JKN-KIS. Kemudian kita melihat juga didalam penguatan fungsi IT tersebut melalui SIMRS, ini perlu terintegrasi dengan sistem BPJS Kesehatan yaitu sistem antrean,” tutur Jamal.


Ia menambahkan hendaknya terdapat penyediaan dan persiapan dari sisi supply, sebab ini merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan cakupan kepesertaan JKN-KIS.  Jamal juga mengharapkan adanya dukungan dan kerjasama dari semua aspek stakeholder, baik Pemerintah maupun pihak swasta agar senantiasa dapat melakukan motivasi maupun evaluasi terhadap kebijakan yang terkait dengan JKN-KIS.


Editor.  : Prabu Suryadhana

Komentar

Tampilkan

Terkini

Sosbud

+