*Danramil 07/Reteh Berikan Sosialisasi Kepada Masyarakat Tentang Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan*



SERIBUPARITNEWS.COM,Sungai Terap - Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi pohan melakukan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di tiga desa yang merupakan desa yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) dan memberikan himbauan kepada Warga di gedung serba guna Desa Tanjung Labu kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Selasa (7/7/2020).


Pada kesempatan itu, Danramil 07/Reteh mengimbau kepada masyarakat agar jangan membuang puntung rokok sembarangan serta jangan membersihkan lahan ataupun membuka lahan dengan melakukan pembakaran.

"Pembakaran lahan berdampak pada kerusakan ekosistem, musnahnya flora dan fauna, menimbulkan polusi dan penyakit ISPA, mengganggu jarak pandang transportasi, menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim, hutan gundul dan tanah longsor, sehingga sumber air akan semakin menipis," katanya.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan langsung turun kelapangan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa Tanjung Labu,Sungai Mahang dan Sungai terap,sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan , pemasangan spanduk himbauan dan sosialisasi langsung kepada masyarakat.

Selanjutnya Danramil juga mengajak dan menghimbau warga di ketiga Desa tersebut  secara tegas untuk berperan aktif terhadap pencegahan kebakaran hutan dan lahan, dengan ikut mengawasi dan memantau titik pantau KARHUTLA.

Sementara itu, Komandan Kodim 0314/Indragiri Hilir, Letkol Inf Imir Faisal, mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bekerjasama dengan Instansi Pemerintah lainnya dan manggala agni, kita juga akan rutin berpatroli untuk memantau wilayah mana saja yang rawan karhutla," ujarnya, 

"Pembakaran hutan dan lahan secara sengaja, dapat diancam dengan hukuman Pidana," pungkasnya. 

Penulis.  : Serda Surya Wibowo
Editor.     : Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture