*Langkah-Langkah Menghadapi Fase New Normal Yang diutarakan Dandim pada saat rapat*



SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHAN - Dandim 0314 Inhil Letkol Inf Imir Faishal yang di dampingi oleh Pasi ops Kodim 0314/Inhil hadiri rapat persiapan menghadapi fase new normal dimasa pandemi virus Covid-19 diwilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dipimpin oleh Bupati Inhil, HM Wardan, pada Kamis (28/5/20) pukul 14.00 Wib bertempat di ruang rapat Bapeda Inhil Jalan Akasia Tembilahan.

Dalam rapat tersebut Bupati HM Wardan menyampaikan diwilayah provinsi Riau akan diberlakukan new normal tanpa terkecuali wilayah Inhil. Dalam rapat tersebut akan dibahas persiapan dari Kabupaten Inhil serta tindakan dan usaha apa yang harus dilakukan agar new normal dapat berjalan dengan baik.

"Dalam menghadapi new normal Pemda Inhil akan membentuk tim dari tingkat Kabupaten sampai ketingkat Kecamatan dalam pengawasan terhadap tempat-tempat keramaian guna menegakkan aturan dari pemerintah," ujarnya.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal turut menjelaskan bahwa new normal adalah pola gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia dengan mengutamakan protokol kesehatan. Untuk itu pemerintah Kabupaten Inhil harus mengambil langkah-langkah untuk melonggarkan perekonomian guna kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

"Kegiatan new normal tidak akan berjalan tanpa adanya kesadaran dan kerjasama dari masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, mengecek suhu tubuh, dan cuci tangan," jelas Dandim.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan menurut Dandim Letkol Inf Imir Faishal, adalah mengatur jarak antar pedagang yang satu dengan pedagang lainnya serta mengikuti protokol kesehatan.

"Sebelum diberlakukan new normal kita harus mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menerima kebijakan pemerintah dan apabila ini sudah kita lakukan barulah bisa dikatakan kita siap dalam menghadapi new normal," ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman SIK mengatakan, saat Ini perekonomian dinegara kita melemah tidak terkecuali daerah Kabupaten Inhil dalam mengalami kelemahan ekonomi untuk itu kita wajib melakukan new normal.

"Dalam new normal semua dunia usaha harus memperhatikan Protokol kesehatan yaitu menyediakan tempat cuci tangan, sebelum memasuki toko wajib memakai masker," tutur Kapolres Inhil.

Juga menurut AKBP Indra Duaman, disetiap pasar-pasar yang ada diwilayah Inhil harus menggunakan satu pintu agar mempermudah memantau masyarakat yang masuk kedalam pasar dan memperketat pengawasan.

"Apabila ada masyarakat yang mau masukpasar dan tidak memakai masker akan dilarang masuk pasar, dan apabila ada swalayan yang tidak mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah akan diberikan peringatan kapan perlu akan dicabut ijin usaha," tegas Kapolres Inhil.

Berikut hasil rapat persiapan menghadapi fase new normal:
- Pemkab Inhil akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum diberlakukan new normal dari tingkat kabupaten sampai ketingkat kecamatan.
- Segala jenis himbau dari gugus tuggas tetap berlaku sampai kabupaten Inhil dinyatakan aman dari wabah virus covid-19.
- Tentang kegiatan proses belajar mengajar sampai saat ini masih menunggu keputusan dari kepala Dinas Pendidikan Pusat.
- Penegakan disiplain akan kita lakukan mulai minggu depan yaitu pada tanggal 01 Juni 2020 yang harus diutamakan adalah ditempat keramaian seperti pasar dan swalayan serta wilayah-wilayah tertentu.
- Dalam penetapan new normal Pemkab Inhil dan stoke holder terkait akan melakukan rapat kembali.

Turut hadiri pada rapat tersebut, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal, Kapolres Inhil AKBP Indra Dauman SIK, Sekda Inhil H Said Syarifuddin, Kajari Inhil Susilo SH, Kepala PN Inhil diwakili Alif Akbar SH, Dansub Pom Inhil Lettu Cpm Lettu Otto.

Penulis. : Serda Tarsa Supriatna
Editor.   : Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture